oleh

Pemkab Magetan Ikuti Rakor PPKM Level 4, Ini Aturannya

Foto : Rapat PPKM Level 4 secara virtual di Pendopo Surya Graha.

Beritatrends, Magetan – PPKM level 4 menggantikan PPKM Darurat, meskipun secara substansi tetap sama dengan aturan PPKM Darurat.

Rabu (21/7/201), Pemkab Magetan melaksanakan rapat koordinasi terkait PPKM level 4 dilaksanakan untuk provinsi jawa dihadiri oleh wakil presiden RI, yang dilaksanakan secara virtual di Ruang Jamuan Pendopo Surya Graha Magetan.

Sesuai instruksi Mendagri No 22 Tahun 2021 tentang Pembatasan Pemberlakuan Masyarakat Level 4 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa Bali disebutkan Testing perlu terus ditingkatkan, serta testing perlu terus ditingkatkan kepada suspek, bagi mereka yang bergejala, dan juga kontak erat.

Bupati Magetan, Suprawoto mengatakan bahwa Kalau darurat narasi itu menimbulkan keresahan oleh sebab itu kemudian intruksi itu diubah menjadi level 4, supaya kita memiliki kesan tidak menakutkan Dan itu ditegaskan oleh Mendagri.

“Jadi hari ini kita tadi sudah evaluasi sudah meeting pagi dengan pak Luhut dan dengan beberapa menteri, dan siang dengan pak Wapres kalau wapres ini khusus dengan jawa timur dan dengan pak luhut jawa-bali,” terangnya.

Sebagai bentuk dukungan terhadap perpanjangan PPKM, Pemerintah juga akan mendorong testing-tracing dan isolasi terpusat secara masif. TNI/Polri akan berperan besar pada program vaksinasi, pembagian paket obat gratis dan bansos dengan dukungan pemerintah daerah.⁣
Untuk kelompok yang resisten terhadap perpanjangan PPKM (Ormas, Aktifis, Mahasiswa, Tokoh agama, tokoh masyarakat) harus dirangkul dan dilibatkan dalam upaya penanganan pandemi Covid-19.

Adapun pembatasan kegiatan dalam PPKM level 4, diantaranya pasar tradisional diizinkan buka dengan penerapan protokol kesehatan lebih ketat⁣
Pelaksanaan kegiatan makan/minum ditempat umum (warung makan, rumah makan, kafe, pedagang kaki lima, lapak jajanan) baik yang berada pada lokasi tersendiri maupun yang berlokasi pada pusat perbelanjaan/mall hanya menerima delivery/take away dan tidak menerima makan ditempat.

Magetan dengan diberlakukannya PPKM Darurat telah menunjukkan trend yang baik tetapi trend yang turun itu yang terkonfirmasi kita masih banyak jadi setiap hari 100 yang terkena.

“Dampaknya cukup baik untuk Magetan, trend terkonfirmasi bisa turun,” ungkap Suprawoto.

Pada tanggal 26 Juli akan dilakukan evaluasi lebih lanjut mengenai daerah-daerah dan sektor usaha yang bisa dilakukan relaksasi jika tren kasus terus mengalami penurunan.⁣ (sukma/sabrina)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed