oleh

Kabar di Medsos Bahwa RSUD dr. Sayidiman Mengcovidkan Pasien, dr. Bambang Purwadi. Sp.OT : Itu Tidak Benar dan Tidak Mendasar

RSUD dr. Sayidiman Magetan

Beritatrends, Magetan – Dengan beredarnya isu bahwa Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Sayidiman Magetan mengcovidkan pasien, Plh Kepala Bidang Pelayanan RSUD dr. Sayidiman dr Bambang Purwadi. Sp.OT  angkat bicara.

Dalam video yang dibuat oleh Humas Promkes RSUD dr. Sayidiman Plh. Kepala Bidang Pelayanan RSUD dr. Sayidiman Magetan dr. Bambang Purwadi. Sp.OT memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang adanya pemahaman bahwa Rumah Sakit mengcovidkan pasien. Kamis (08/07/2021)

Dalam penjelasannya mengatakan, bahwa Rumah Sakit telah memiliki ruang isolasi untuk merawat pasien dengan penyakit menular, termasuk kasus covid-19.

“Rumah Sakit juga memiliki Screening Covid-19, dan ini dilakukan karena covid-19 merupakan penyakit menular dan harus dirawat secara terpisah,”terangnya.

Pihaknya menjelaskan, apabila terdapat pasien baru di IGD dengan rekomendasi rawat inap maka akan dilakukan Screening Covid-19 terlebih dahulu berdasarkan pemeriksaan klinis dan penunjang.

“Screening dilakukan seperti pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan radiologi, dan Swab Antigen. Dari pemeriksaan tersebut akan diketahui apakah mengarah kepada covid-19 atau tidak,”jelasnya.

Dari pemeriksaan itu nanti akan menjadi kewaspadaan bagi tim medis untuk memberikan status suspect atau probable. Dan pasien harus dirawat pada ruang transisi sebelum dilakukan pemeriksaan PCR hingga hasil PCR keluar.

“Bila hasil PCR dinyatakan negatif maka pasien akan dirawat pada ruang perawatan Non-Covid, dan apabila hasil PCR dinyatakan positif maka harus dirawat diruang isolasi khusus covid-19.”imbuhnya.

Pihaknya menegaskan, jadi dengan adanya tuduhan selama ini yang diberikan bahwa rumah sakit mengcovidkan pasien adalah benar – benar tidak mendasar.

“Bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Magetan agar jangan takut untuk berobat ke RSUD dr. Sayidiman Magetan, tetap taati protokol kesehatan yang berlaku disaat ingin berobat ke RSUD dr. Sayidiman Magetan”pungkasnya.(Efa/ww)

News Feed