oleh

Menjala Ikan Warga Mojokerto Malah Dapat Bajul

Predator Air tawar yang tersangkut Jaring ikan Sujoko Warga desa Kepuhanyar-Mojoanyar-Mojokerto(ft:susilo/beritatrends)

Beritatrends,Mojokerto-Warga dusun Wonoayu desa Kepuhanyar Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto dihebohkan dengan penemuan buaya di sungai Sadar.

Sujoko(43) warga desa setempat menuturkan,penemuan buaya itu ketika Dia mencari ikan pembersih kaca di sungai sadar desa Damarseh desa Kepuhanyar,Rabu(7/7/2021).

“Gak tau kalau saya dapat buaya,ketika menyala ikan disungai jala saya tidak sengaja nyakut,saya tarik ternyata buaya,”ungkapnya.

Lebih lanjut, Sujoko mengatakan buaya yang terperangkap jala ikannya tersebut punya panjang 4 meter berat kurang lebih 50 kg,dan ketika buaya mau diangkat Sujoko kedaratan buaya tersebut berontak,akhirnya dilempar lagi 1 jala biar bisa diangkat ke daratan.

“Kenak jala lansung lompat-lompat akhirnya jalanya didobel terus kita tarik 3 orang,saya dan 2 teman saya,”jelasnya.

Masih kata Sujoko,Ia tidak sengaja jaring buaya, seumpama kelihatan buayanya Ia tidak berani. Kaget bukan main, karena sebelumnya ia tidak pernah melihat buaya muncul, selama mencari ikan di sungai tersebut.

“Kemudian kita tarik ke atas dibantu dua teman,” jelasnya.

Selanjutnya,buaya tersebut dibawa ke rumahnya dan diikat agar tidak membahayakan.Sujoko mengatakan sejak kecil tidak pernah melihat buaya muncul disungai sadar tersebut.

Saat ini buaya tersebut sudah diamankan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur.

“Sudah diambil BKSDA tadi, sekitar lima orang datang ke sini,” kata Joko.

Usai tidak sengaja menjaring buaya, jala ikan milik Sujoko dan juga milik temannya rusak parah.

“Jalanya robek-robek mas,sehabis jala buaya tadi,”terangnya.

Kerusakan jala Sujoko dan temannya diganti oleh petugas BKSDA Jatim sebagai imbalan karena telah berjasa mengamankan satwa yang termasuk hewan yang dilindungi.

“Saya tidak mempermasalahkan imbalannya, yang penting dapat membeli jala lagi untuk kerja, karena itu mata pencaharian saya tiap hari,” tegasnya.

Perlu diketahui Sujoko adalah warga desa Kepuhanyar yang berprofesi sebagai pencari ikan pembeesih kata untuk dijual untuk pakan ternak bebek.

Dari hasil cari ikan pembersih kaca itulah Ia bisa memenuhi kebutuhan keluarga.Menurut Sujoko sudah puluhan tahun ia menggeluti pekerjaan ini.

“Sudah puluhan tahun, baru kali ini saya mendapat seekor buaya saat mencari ikan disungai,”pungkasnya.(sus)

News Feed