oleh

Disnakkan Magetan Ikut Sukseskan Program Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri

 

 Petugas saat melaksanakan Program Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri secara massal di Kandang Masyarakat.

Beritatrends, Magetan – Dalam rangka mendukung program nasional Sikomandan (Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri), Dinas Peternakan Dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Magetan melakukan Pemeriksaan Kebuntingan (PKB) massal di Kecamatan Lembeyan dan Bendo.

Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari ProgramUPSUS SIWAB (Upaya Khusus Sapi dan Kerbau Wajib Bunting) yang bertujuan untuk meningkatkan populasi ternak sapi dan kerbau dalam rangka menuju swasembada daging nasional.

“Rangkaian kegiatan SIKOMANDAN ini terdiri dari pelaksanaan Inseminasi Buatan (IB) / Kawin Suntik, Pemeriksaan Kebuntingan (PKB) dan Pelaporan Kelahiran, dimana peternak tidak perlu kuatir untuk dipungut biaya karena kegiatan SIKOMANDAN ini gratis,” tegas drh. Nur Haryani, Kepala Disnakan Kabupaten Magetan.

Ternak sapi yang sudah di IB kira-kira 3 bulan selanjutnya dapat dilakukan PKB untuk mengetahui status kebuntingannya dengan tujuan untuk mengetahui berapa persentase sapi yang bunting dan yang belum berhasil bunting, dan selanjutnya akan dilakukan IB lagi atau dilakukan pengobatan pada sapi yang mengalami gangguan reproduksi.

Kegiatan akan dilaksanakan mulai tanggal 3 Juni sampai 13 Juli 2021 di Kecamatan Lembeyan dan Bendo yang merupakan daerah kantong populasi sapi betina seperti desa Kediren, Lembeyan Wetan, Tunggur, Setren, Belotan, dan Carikan, dengan mengoptimalkan potensi 40 Petugas PKB yang sudah mempunyai sertifikat kompetensi dan didampingi oleh 6 Dokter Hewan.

“Sampai tanggal 24 Juni 2021 didapat data PKB dari kecamatan Lembeyan sebanyak 8.551 ekor sapi yang bunting atau kisaran 64% hasil IB yang dilakukan oleh petugas kita positif bunting. Data ini akan terus bertambah karena saat ini kami sedang melakukan PKB di wilayah Kecamatan Bendo” ujar Drh.Sidik Perwitoselaku koordinator lapangan kegiatan tersebut.

Kegiatan PKB ini rencananya akan terus rutin dilakukan untuk mengetahui status kebuntingan ternak di berbagai wilayah di Kabupaten Magetan.

Bagi peternak yang ingin mengetahui status ternaknya bunting atau tidak, bisa langsung menghubungi petugas terdekat, tidak perlu kuatir dipungut biaya karena program ini gratis, dimana sarana dan prasarana sudah dicukupi pemerintah melalui program Sikomandan, termasuk pemberian mineral serbuk dan vitamin bolus pada sapi yang telah di PKB.

Diharapkan dengan kegiatan ini populasi ternak sapi di kabupaten Magetan akan terus bertambah dan membawa kesejahteraan bagi masyarakat peternak. (Gal)

News Feed