oleh

Perilisan dan Penulis Terbaik Buku Junior Writerpreneur 1 Inklusi Sosial

 

Enam Siswa Terpilih Jadi Yang Terbaik pada Acara Perilisan dan Pemilihan Penulis Terbaik Buku Junior Writerpreneur 1 Inklusi Sosial.

Beritatrends, Magetan – Upaya Pengembangan Literasi Sedari Dini, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Magetan menggelar Perilisan dan Pemilihan Penulis Terbaik Buku Junior Writerpreneur 1 bertema Inklusi Sosial. Buku Junior Writerpreneur ini nanti merupakan kumpulan tulisan siswa-siswi jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) terpilih se- Kabupaten Magetan.

Acara dilaksanakan selama dua hari yakni pada tanggal 21 – 22 Juni 2021. Hari pertama dihadiri oleh 21 peserta jenjang SMP dari 9 sekolah. Sedangkan hari kedua diikuti 21 murid SD dari 8 sekolah di wilayah Kabupaten Magetan. Pemilihan akan menetapkan enam finalis penulis terbaik untuk masing-masing kategori SD maupun SMP. Kemudian pemilihan akan berlanjut untuk menentukan tiga penulis terbaik masing-masing kategori.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Magetan, Suhardi dalam sambutannya menjelaskan bahwa acara ini bertujuan untuk memberikan layanan penerbitan naskah menjadi buku yang ber-ISBN yang terdaftar oleh perpustakaan nasional.

“Selain itu, acara ini dilakukan sebagai upaya penguatan literasi yang mendukung tumbuh kembang penulis baru di Magetan khususnya dikalangan SD dan SMP yang mengangkat karya berbasis daerah,” ungkapnya.

Hal ini juga merupakan upaya dalam membina anak didik di bidang kepenulisan sekaligus melaksanakan visi misi Bupati mewujudkan Kabupaten Literasi sesuai dengan peraturan Bupati Magetan Nomor 62 Tahun 2020 tentang Literasi Kabupaten Magetan.

Hasilnya, Tiga siswa Sekolah Dasar (SD) dan tiga Siswa Sekolah Menengah (SMP) terpilih sebagai penulis terbaik buku Junior Writerpreneur 1: Inklusi Sosial tersebut

Pemilihan dilaksanakan pada hari kedua sekaligus penutupan acara perilisan dan pemilihan penulis terbaik buku Junior Writerpreneur 1: Inklusi Sosial, Selasa (22/06) di Ruang Pertemuan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Magetan.

Adapun pemenang kategori SMP diantaranya :

  • Juara 1 Raisya Niil Nabila dengan Kisah Seorang Wanita Pejuang Rupiah (SMPN 1 Magetan)
  • Juara 2 Ramadhani Kusumaningtyas dengan Bayu, Si Perintis Bisnis Shoes Care (SMPN 1 Kawedanan)
  • Juara 3 Adeline Casa dengan Cerita Pedagang Mie Ayam depan Sekolahku (SMP N 1 Karas)

Sedangkan pemenang Kategori SD adalah :

  • Juara 1 Titania Belva dengan Sate Ayam Ponorogo Bu Reni (SDN Unggulan Magetan)
  • Juara 2 M Aydin dengan Lek Tijah The Spirit Of Emak-Emak (SDN Tunggur Lembeyan )
  • Juara 3 Raka Wiratama dengan Layang-Layang Gapangan (SDN Magetan 2)

Puncak acara ditutup oleh wakil Bupati Magetan Nanik Endang Rusminiarti. Pada kesempatan tersebut Nanik mengucapkan terimakasih pada semua pihak yang terlibat aktif mendukung visi misi Kabupaten Magetan sebagai Kabupaten Literasi. Dia juga berharap dengan hadirnya buku karya ini diharapkan menjadi jawaban berbagai fakta minor tentang rendahnya tingkat literasi khususnya dikalangan pelajar Indonesia.

Nanik juga sempat menyisipkan kutipan dari seorang sejarawan dan penulis berkebangsaan Amerika. “Buku adalah pengusung peradaban. Tanpa buku sejarah diam, sastra bungkam, sains lumpuh, pemikiran macet. Buku adalah mesin perubahan, jendela dunia, mercusuar yang dipancangkan di samudera waktu,” ucapnya mengutip Barbara Tuchman.

Kutipan tersebut sebagai penyemangat dan pengingat agar generasi penerus bangsa utama anak-anak magetan untuk semangat dalam menambah wawasan serta mengikatnya dalam bentuk karya tulis.(efa)

News Feed