oleh

Kadis Pendidikan Buka Kegiatan Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0424/Tgm Tahun 2021

 Kadis Pendidikan Kabupaten dan Jajaran Pengurus Gerakan Pramuka

Beritatrends, Pringsewu – Karya Bhakti TNI Kodim 0424/TGM Gerakan Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0424/TGM di buka Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pringsewu, Sabtu (19/6/2021).

Dalam Kegiatan itu dihadiri Kadis Pendidikan Pringsewu Hipni, Mayor Cpm Eva Yunial Kamal (Pabung Dim 0424/Tgm), Kpt Inf Sanusi Dan ramil 424-06/Psw, Kpt Inf Rahmat Kartolo (Danramil 424-09/Skhj), Rusdi (Kanit Bimas Polsek Sukoharjo), H.Ismungin Waka 4 Pramuka Kuarcap Pringsewu), Supriono (Sekretaris kuarcap Pringsewu), Roslan S.Pd (Mewakili Ka Kuarcap Tanggamus), Tasmin Hadi (Sekretaris Kuarcap Tanggamus), Nova (Kepala Pekon Suka Mulya),Gabungan Pramuka Pringsewu dan Tanggamus.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pringsewu Hipni mengatakan, terima kasih kepada segenap keluarga besar Gerakan Pramuka terutama pada seluruh pengurus dan anggota pengurus dan anggota Kwartir Cabang Pringsewu serta tim pelatih dari Kodim 0424/Tanggamus yang hadir hari ini.

Seperti yang kita ketahui bersama, misi utama gerakan Pramuka adalah untuk mendidik pemuda dan pemudi Indonesia, dari usia anak-anak, demi meningkatkan rasa cinta tanah air dan bela Negara.

“Hari ini kita berkumpul disini dalam rangka Giat Kemah Bhakti dan Pengukuhan Pengurus Majelis Pembimbing Cabang serta Dewan Kerja Saka Wira Kartika Kodim 0424/Tanggamus, saya yakin dan percaya ini adalah salah satu kegiatan yang bertujuan mulia, membangun karakter bangsa yang menjadi fokus bangsa kita kini dan ke-depan,”ucapnya.

Pembangunan sumberdaya manusia harus sejalan fisik, karena kunci dengan pembangunan keberhasilan pembangunan bangsa terletak pada sumberdaya manusia yang berkualitas. Untuk itu diperlukan rebranding Pramuka baru yang diminati kaum muda.

Pramuka hendaknya dapat mengikuti perkembangan zaman dan tidak terkesan kuno dalam era komunikasi digital dewasa ini. Pramuka harus dapat menangkap fenomena ini dalam era kebebasan berkomunikasi. Sebagian besar adik-adik kita merupakan generasi cyber yang online setiap update saat yang selalu statusnya dan mengungkapkan kondisi secara realtime dalam media sosial.

Pramuka Baru harus keren, gembira, asyik, dan menyenangkan. Tantangan bagi para Pembina Pramuka yang harus selalu kreatif dan berinovasi dalam membina peserta didik sehingga bangga menjadi Pramuka.

Begitu pula para Pelatih harus belajar terus menerus untuk dapat mengembangkan dan menerapkan teknologi pendidikan yang up to date tanpa melupakan prinsip dasar dan metode kepramukaan bagi para Pembina Pramuka.

Pada kesempatan ini saya mengajak kita semua yang hadir hari ini untuk bersama-sama kita berkomitmen untuk meningkatkan kualitas manusia dengan membekali pendidikan karakter dan kompetensi iptek berbasis kecakapan yang kelak menjadi bekal hidup (lifeskill) kaum muda Indonesia, khususnya di Kabupaten Pringsewu.

Gerakan Pramuka bagi kita harus dapat memberikan nilai tambah bagi anggotanya dan hal inilah yang perlu dikaji dan dikembangkan terus menerus oleh kita semua dengan bekerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan.

Peranan Satuan Karya Pramuka (Saka) perlu ditingkatkan untuk menciptaka peluang kerja yang berbasis pada kecakapan-kecakapan khusus dalam setiap kridanya. Semoga kita semua dapat meningkatkan dan memperkokoh Gerakan Pramuka Kwarcab Pringsewu dan Nasional serta peran aktifnya sebagai salah satu pilar untuk mewujudkan Kabupaten Pringsewu yang Berdaya Saing Harmonis dan Sejahtera (BERSAHAJA) menuju Lampung Berjaya.

“Salam Pramuka Kegiatan Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0424/Tgm bertujuan untuk mendidik pemuda dan pemudi agar meningkatkan rasa cinta tanah air dan bela,”pungkasnya.(Cikhan)

News Feed