oleh

Klaster Hajatan Magetan, 47 Warga Desa Kediren Positif Covid-19

 

47 warga reaktif Covid usai menghadiri acara hajatan di Desa Kediren, Magetan.

Beritatrends, Magetan – Sebanyak 47 orang dinyatakan positif atau reaktif Covid-19 usai tes cepat Antigen di Desa Kediren, Kecamatan Lembeyan, Kabupaten Magetan.

Tes cepat dilakukan terhadap 65 warga Desa Kediren yang merupakan kontak erat keluarga yang mengadakan hajatan selamatan pada pekan kemarin.

“Dari hasil tracing kasus baru, terdapat 65 orang kontak erat. Hasil tes positif 47 orang dan hasil tes negatif 18 orang,” ungkap Kabid P2P Dinkes Magetan, dr. Rohmat Hidayat, Rabu (16/6/2021).

Dari hasil tracing diketahui, terdapat warga Kediren yang pulang dari Purwodadi Jawa Tengah pada tanggal 1 Juni lalu, yang mengalami gejala lemas pada tanggal 5 juni. Akhirnya warga tersebut dibawa ke RS pada 14 Juni, dan hasil PCR nya dinyatakan positif pada 15 Juni.

Naasnya, pada tanggal 9 Juni pasien sempat mengadakan atau mengikuti hajatan selamatan 1000 hari bersama puluhan warga. Maka itu dilakukan tracing dan ditemukan 47 orang dinyatakan positif atau reaktif Covid-19.

Pihak satgas langsung menerapkan isolasi mandiri skala mikro terhadap warga yang positif Covid-19 tersebut. Selain itu juga masih menunggu hasil tes swab puluhan warga tersebut sambil menunggu petunjuk dari Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan.

Sisi lain, petugas puskesmas setempat terus memperluas “tracing” atau pelacakan terhadap klaster acara selamatan tersebut. (Gal)

News Feed