oleh

Langkah Awal Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi Bagi Mahasiswa : KKN Back Universitas Negeri Malang di Desa Tamansuruh Banyuwangi Village

Pembukaan Kuliah Kerja Nyata Back to Village Universitas Negeri Malang di Banyuwangi

Beritatrends, Banyuwangi – Pembukaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Back to Village (Pulang Kampung) Banyuwangi, Universitas Negeri Malang edisi Covid-19 yang dilaksanakan pada Jum’at, 11 Juni 2021 telah resmi dibuka di balai Desa Tamansuruh.

KKN ini berlangsung mulai 11 Juni 2021-25 Juli 2021 di Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi. Pembukaan KKN Universitas Negeri Malang di Desa Tamansuruh ini dihadiri oleh para peserta KKN dari Universitas Negeri Malang, Kepala Desa Tamansuruh Teguh Eko Rahadi, Babhinkamtibnas Polsek Glagah Rudy, serta Aparat Desa Tamansuruh.

Serangkaian acara serta sambutan dimulai pada pukul 07.00 WIB dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Sambutan dari Kepala Desa Tamansuruh Teguh Eko Rahadi menyampaikan dengan harapan agar Mahasiswa peserta KKN Pulang Kampung Universitas Negeri Malang dapat berbaur dengan masyarakat Desa Tamansuruh.

“Semoga mampu bersinergi membawa Desa Tamansuruh menjadi lebih baik karena kegiatan KKN merupakan suatu kegiatan pengabdian yang dilakukan mahasiswa terhadap desa tujuannya,”ucap Teguh Eko Rahadi.

Lanjut Teguh Eko Rahadi, acara dilanjutkan dengan pemaparan program kerja (Proker) oleh Koordinator Desa, yang terdiri dari 9 (Sembilan) progam kerja utama dan 1 (satu) progam kerja pendukung.

Progam kerja tersebut akan dilaksanakan selama 45 (empat puluh lima) hari ke depan terhitung dari tanggal 11 Juni 2021 – 25 Juli 2021. Dan terakhir acara ditutup dengan do’a bersama.

“Harapan besar saya kepada mahasiswa KKN untuk selalu bersinergi dengan desa karena selama 45 (empat puluh lima) hari kedepan ibaratkan kalian sebagai warga desa Tamansuruh, selain itu sinergi antar tim juga harus selalu dijaga,” Pesan Kades kepada seluruh peserta KKN Desa Taman Suruh.

Melihat secara keseluruhan dan atensi dari masyarakat Desa Tamansuruh bahwa dengan adanya acara dan program kerja KKN Pulang Kampung dengan harapan Kepala Desa Bersama masyarakat dapat diketahui bersama.

“Desa Tamansuruh merupakan desa potensial dari segi kondisi sosial-geografis di tengah banyaknya tempat wisata potensial dan ekonomi masyarakat sekitar yang perlu dikembangkan secara berkelanjutan dan selalu belajar berbenah”, ujar Teguh Eko Rahadi.

Berkenaan dengan adanya program kerja KKN Pulang Kampung Desa Tamansuruh diharapkan mahasiswa dapat memberikan pengalaman mengenai langkah awal implementansi Tri Dharma Perguruan Tinggi terutama pengabdian kepada masyarakat.

“Selain itu, Mahasiswa juga diharapkan mampu memberikan pengembangan di berbagai elemen potensial yang mampu dilihat secara responsif dan kontinu oleh peserta KKN Pulang Kampung Banyuwangi,”pungkas Teguh Eko Rahadi. (Mohammad Hilfi mahasiwa Universitas Negeri Malang)

News Feed