oleh

AKD Dan PPDI Bersama ABPEDNAS Menggelar Deklarasi Kedaulatan Desa

Ketua AKD Kabupaten Mojokerto Agus Suprayitno berikan sambutan pada gelaran Deklarasi Kedaulatan Desa di Mojokerto(ft:susilo/beritatrends)

Beritatrends,Mojokerto -Asosiasi Aparatur Desa dan Lembaga Desa,bersinergi menggelar Deklarasi Kedaulatan Desa Se-Kabupaten Mojokerto,Kamis (10/6/2021) di Wisata Bukit Bunga Mojorejo, Desa Mojorejo, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto.

Deklarasi yang di gelar oleh Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Mojokerto, Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS) Kabupaten Mojokerto dan Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Mojokerto mengambil tema “AKD, ABPEDNAS, PPDI Guyup Rukun Kompak Bangun Desa.”

Ketua AKD Kabupaten Mojokerto Agus Suprayitno mengatakan, kegiatan Deklarasi ini, spontan dari hati kehati.Agus menegaskan semula hanya kegiatan ngopi Bareng, karena sering ketemu bareng akhirnya dari pengurus BPD spontan mengadakan Deklarasi yang intinya untuk mempererat tali persaudaraan.

“Selain itu, kegiatan hari ini juga untuk menjalin komunikasi. Kita ingin tahu suara dari PPDI dan ABPEDNAS. Yang terpenting untuk kepentingan desa dan untuk kepentingan Pemerintahan Kabupaten Mojokerto,”tegas Kades Agus Suprayitno.

Agus berharap, semua intinya adalah mencari kekompakan, supaya di Pemerintahan Desa di seluruh Kabupaten Mojokerto, antara Kepala Desa, BPD dan Perangkat itu bisa bersinergi.

“Kalau memang ada suatu permasalahan, mari kita mencari solusi yang terbaik bagaimana solusinya untuk di masing-masing desa. Selain itu kegiatan hari ini juga untuk meningkatkan SDM dari Kepala Desa, ABPEDNAS dan PPDI,”tegasnya.

Dari pantauan dilapangan undangan yang hadir total ada 150 undangan. Perwakilan AKD Kabupaten Mojokerto 50 orang, Perwakilan ABPEDNAS 50 Orang dan Perwakilan PPDI 50 orang.

Sementara itu, Ketua ABPEDNAS Kabupaten Mojokerto Mulyadi mejelaskan, seluruh pengurus DPC dan PAC ABPEDNAS Kabupaten Mojokerto akan segera merapatkan barisan dan akan melaksanakan semboyan BPD. Yakni Guyup rukun Bangun Desa.

“Ini adalah pegangan kalimat yang saya bawa kemana-mana.Kenapa demikian, karena kalau kita sudah guyup, kita akan rukun dan kompak bersatu membangun desa dengan Kepala Desa, dengan Tokoh Masyarakat serta dengan Perangkat Desa.Maka akan segera tercapai capaian pemerataan pembangunan di seluruh Kabupaten Mojokerto,” jelasnya.

Selanjutnya, Ketua PPDI Kabupaten Mojokerto Heru Mulyono mengatakan, yang kita harapkan adalah kita semakin bertambah wawasan dan juga semakin bersinergi yang lebih baik.

“Ini merupakan sejarah baru, ada satu kesatuan dan kesamaan untuk mempererat tali silaturahim untuk memajukan Desa kita khususnya di kabupaten Mojokerto,” tandasnya.

Dilain pihak Camat pungging yang mewakili Pemkab mojokerto dalam sambutanya,juga mengucapkan selamat atas digelarnya Deklarasi Asosiasi Aparatur Desa dan Lembaga desa di Kabupaten mojokerto yang bertujuan untuk mensuseskan pembangunan Desa.

“Selamat tiga asosiasi yang hari ini berkumpul bersinergi, ini menunjukkan tekatnya untuk bersama-sama membangun Kabupaten Mojokerto,”ujar Camat Pungging.

Lebih lanjut Mujib berharap,semuanya Bersatu padu membantu melancarkan dan mensukseskan program-program dari Bupati Mojokerto.

“Kita semua tau program yang sudah terpampang itu semua,membutuhkan dukungan panjenengan sedoyo,”harapnya.

Mujib menuturkan,oleh karena itu kita tidak boleh ada beda,semuanya memang realitanya aja yang penting kita bisa bersama-sama di mungkin dengan program masing-masing.

“Saya yakin kita semua hanya satu yaitu membangun Kabupaten Mojokerto, berikutnya saya juga terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini di wilayah kami,khususnya Desa Mojorejo bisa menunjukkan apa itu menjadi inspirasi bagi semua desa,”ungkapnya.(sus)