oleh

Pelatihan Kerajinan Khas Ponorogo Berbahan Pelepah Pisang

 

Pelatihan di gelar Senin-Selasa (7-8/6/2021) di Gedung Pameran, Sentra UMKM Ponorogo.

Beritatrends, Ponorogo – Memanfaatkan limbah menjadi kerajinan pengundang rezeki berlimpah. Inilah harapan para peserta Pelatihan dan Pembinaan Kerajinan Khas Ponorogo Berbahan Pelepah Pisang yang digelar Pemkab Ponorogo dan Bank Mandiri pada Senin-Selasa (7-8/6/2021) di Gedung Pameran, Sentra UMKM Ponorogo.

Pada pelatihan ini dihadirkan Wiwit Manfaati, seorang pengrajin dan pengusaha kerajinan berbahan pelepah pisang dan enceng gondok yang telah terbukti mampu mengkreasikan kedua bahan menjadi berbagai barang bernilai tinggi. Sebanyak 50 pelaku UMKM di Ponorogo menjadi peserta untuk mendapatkan pengetahuan, wawasan serta tips dan trik mengolah limbah pohon pisang yang jarang dilirik nilai ekonominya.

Bupati Ponorogo Sugiri ‘Kang Giri’ Sancoko yang membuka acara mengaku sangat menghargai langkah yang dilakukan RKB Ponorogo dan para CEO Rumah BUMN kali ini. Kang Giri yang hadir bersama Wabup Lisdyarita, Ketua TP PKK Susilowati Sugiri Sancoko dan Sekretaris Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Perdagkum) Kabupaten Ponorogo Sukarni menyatakan, program yang digelar sangat tepat waktunya dengan upaya sejumlah petani Ponorogo yang getol menanam pisang cavendish.

“Ini seperti gayung bersambut. Saat banyak petani kita menanam pisang dan pasti menghasilkan limbah gedebok (pelepah pisang), ada pelatihan kerajinan berbahan gedebok. Ini jos, semoga UMKM kita akan makin maju,” ulasnya sambil berterima kasih kepada Bank Mandiri dan RKB sebagai fasilitator kegiatan.

Soal pemasaran, kata Kang Giri, pasar lokal harus lebih dahulu dipikirkan. Kang Giri berharap, melalui SE yang intinya bela dan beli produk lokal, maka para pejabat dan tokoh masyarakat di Ponorogo bisa membeli berbagai berang kerajinan produksi para pengrajin dari Ponorogo. Bukan berarti melarang membeli barang bermerek atau branded, namun ketika keteladanan membela dan membeli produk lokal ini bisa dilakukan oleh para pejabat dan tokoh di Ponorogo maka produk UMKM akan terserap dengan baik. (Efa/wawa)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

News Feed