oleh

Ponorogo 2021, Bangun 25 Titik Sumur Dalam

Launching Sumur/Irigasi air tanah dalam oleh Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko.

Beritatrends, Ponorogo – Launching Sumur/Irigasi Air Tanah Dalam dilakukan oleh Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko di Dukuh Jenggring, Desa Duri, Desa Slahung, Kabupaten Ponorogo, Kamis (3/6/2021).

Bupati Ponorogo pada kesempatan tersebut didampingi Dandim 0802 Letkol Inf. Sigit Sugiharto, Sekda Kabupaten Ponorogo Agus Pramono, Kapolres Ponorogo diwakili Kasat Binmas Polres Ponorogo AKP. Sunu, para Kepala OPD, Camat Se-Kab. Ponorogo, Kades Se-Kecamatan Slahung dan Perwakilan Ketua Gapoktan Kecamatan Slahung

Dalam pencanangan Sumur Tamah Dalam tersebut, menurut laporan Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo H. Andi Susetyo menjelaskan, Salah satu prioritas program Bupati Ponorogo adalah prioritas di sektor pertanian dan ini menjadi prioritas yang pertama yaitu pertanian hebat di dalam program pertanian hebat ini ada salah satu inovasi beliau yaitu program untuk pembangunan sumur dalam untuk kebutuhan 20 hektar 1 sumur dalam.

“Bentuk program ini sangat penting dan strategis karena kita tahu bahwa permasalahan air untuk pengairan tanaman ini masih menjadi masalah kita terutama pada lahan lahan tadah hujan, pada lahan lahan pertanian yang kering dan sekaligus belum beririgasi teknis pada saat musim musim kemarau,” terangnya.

Menurut H. Andi Susetyo, sering adanya konflik terkait dengan sumber air, oleh karena itu dengan program inovasi ini merupakan program yang sangat strategis karena akan menambah kebutuhan air para petani sekaligus pada gilirannya nanti akan meningkatkan produktivitas dan produksi berbagai komoditas tanaman terutama padi di wilayah Kab. Ponorogo.

“Program Bapak Bupati pada tahun ini akan memulai pembangunan sumber dalam ini sebanyak 25 titik yang tersebar di 25 kelompok tani 21 Desa 9 Kecamatan yang ada di wilayah Ponorogo dan salah satu di antaranya ada di Desa Duri Kecamatan Slahung,” jelasnya.

Diharapkan, Sumber air dalam di Desa Duri dapat memenuhi kebutuhan air kepada para petani yang ada di Desa Duri ini di mana menurut catatan luas lahan sawah di sini ada 50 hektar kemudian luas pertanian non sawah sekitar 25 hektar.

“Pembangunan sumur dalam ada di 25 titik, pertama dari dana alokasi khusus dari Pemerintah pusat sebanyak 5 titik kemudian untuk yang 20 titik ini bersumber dari dana (DBHCT) Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau dan pelaksanaan pembangunan nanti menggunakan pola swakelola padat karya ini sesuai dengan Permentan No 2 Tahun 2021,” pungkas Kepala Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo.

Sementara, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko dalam sambutanya mengatakan, Pembangunan Sumur Dalam merupakan prioritas dalam program Nawa Cita yaitu membangun Pertanian Hebat.

“Program pembangunan sumur dalam akan dibangun pada area persawahan tadah hujan yang ada di wilayah Kab. Ponorogo,” Ungkapnya.

Ia berharap program ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat bermanfaat bagi masyarakat banyak.”Semoga bermanfaat bagi pertani,” tutupnya. (Efa)

News Feed