oleh

Pemkab Magetan Percantik KRM dan Hutan Srogo

 

Perencanaan pembangunan menara pandang kebun Refugia Magetan.

Beritatrends, Magetan – Upaya untuk meningkatkan ekonomi terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan. Salah satunya dengan mempercantik dan menambah fasilitas di Kebun Refugia Magetan (KRM) yang terletak di Kecamatan Plaosan dan juga Hutan Srogo, di wilayah Srogo, Jalan Raya Magetan- Panekan.

Perencanaan pembangunan tersebut telah dipaparkan oleh Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan, dan Ketahanan Pangan (TPHPKP) bersama Bupati Magetan di ruang jamuan Pendapa Surya Graha Magetan, Selasa (1/6/2021).

Kepala Dinas TPHPKP Kabupaten Magetan Uswatul Hasanah menerangkan, fasilitas yang akan dibangun adalah menara pandang di KRM dan Pintu Masuk untuk Hutan Srogo. Salin itu, juga akan dibangun fasilitas-fasilitas penunjang lainya.

“Pada kebun Refugia sebelumnya sudah ada Gardu pandang dari bambu yang kondisinya sudah lapuk, maka itu kita akan bangun menara pandang,” ungkapnya, usai pemaparan.

Menara pandang rencananya akan dibangun setinggi 9 Meter menyerupai kelopak bunga, agar menyatu dengan konsep keseluruhan KRM.

“Menara pandang selain memperindah KRM, juga untuk para pengunjung juga bisa melihat view ikon KRM berupa Kupu-kupu yang dibelakangnya terdapat Gunung Lawu,” terang Uswatul Hasanah.

Selanjutnya, Hutan Srogo yang belum memiliki gate pintu masuk akan dibangun pada kebun pusat buah tersebut.

“Supaya nanti kalau kebun Srogo sudah kita launching, sudah siap semuanya, termasuk gate pintu masuknya,” jelas Ana sapaan akrab Uswatul Hasanah.

Sebelum pembangun fisik selesai, kebun buah Srogo dikelola oleh Dinas TPHPKP agar saat dibuka nanti pengunjung sudah bisa menikmati hasil buah yang ada.

Pemkab telah mempersiapkan anggaran sebesar Rp.480 Juta untuk pembangunan menara pandang KRM dan dan Rp 480 Gate Taman Srogo.

“Kalau semuanya lancar, akan segera diproses. Juni akhir paling lambat segera dilaksanakan,” pungkas Kadin TPHPKP Magetan. (efa/ww)

News Feed