oleh

Hingga Saat Ini : Kabupaten Sekadau Belum Punya Bupati Difinitif

Surat Gubernur Kalimantan Barat

Beritatrends, Sekadau – Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Sekadau terpilih, akhirnya diputuskan untuk dibatalkan, padahal pelantikan pada 26 April 2021 yang lalu  sudah dilaksanakan.

Namun, pelantikan dibatalkan setelah proses sengketa Pilkada Kabupaten  Sekadau di Mahkamah Konstitusi (MK) tanggal 27 Mei 2021 telah membatalkan pelantikan pada 26 April 2021 yang lalu, bahwa dinyatakan Kabupaten Sekadau belum memiliki Bupati.

Informasi penundaan pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih ini disampaikan  oleh Gubernur  Kalimantan Barat H. Sutarmidji, SH. M. Hum melalui Surat yang ditujukan Kepada  Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau tertanggal 28 Mei 2021 Nomer : 131/1748/Pem-B, Sabtu (29/5/2021).

Dalam surat tersebut menyatakan, berkenan dengan telah diputuskanya oleh  MK RI terhadap sengketa perselisihan hasil pemilihan (PHP) Bupati dan Wakil Bupati Sekadau bersama ini  disampai hal-hal sebagai berikut :

  1. Berdasarkan Putusan MK RI Nomer 137/PHP. BUP-XIX/2021 tanggal 24 Mei 2021 yang diucapkan dalam sidang Pleno MK terbuka pada 27 Mei 2021.
  2. Sesuai ketentuan Pasal 131 ayat (4) Peraturan Pemerintah Nomer 49 Tahun 2008 tentang Perubhan ke tiga atas peraturan Pemerintah Nomer 6 tahun 2005 tentang pemilihan Kepala Daerah, diatur bahwa dalam hal terjadi kekosongan jabatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, Sekretaris daerah melaksnakan tugas sehari-hari Kepala Daerah sampai dengan Presiden mengangkat Pejabat Kepala Daerah.
  3. Sehubungan hal tersebut diatas, guna menjamin kelancaranpenyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Sekadau, maka Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau bertindak selaku Pelaksana Harian (Plh) Bupati sesuai ketentuan perundang –undangan sampai dengan dilantinya bupati dan wakil bupati terpilih.

Demikian untuk dilaksnakan, atas perhatiannya diucapkan terima kasih ditandatangani Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmadji, SH. M. hum dan di tembuskan ke 1. Menteri Dalam up Dirjen Otonomi Daerah, 2. Ketua DPRD Kabupaten Sekadau dan Inspektur Provinsi Kalimantan Barat.(Stepanus)

News Feed