oleh

H-1Lebaran 1442 H,Buruh Pabrik PT Indo Tree Demo Tuntut THR Dibayar Penuh

Para buruh PT Indo Tree International tutut THR yang belum di bayar oleh perusahaan

Beritatrends, Mojokerto – Memasuki hari kedua kegiatan aksi para buruh PT Indo Tree International yang menutut THR disegera di bayar penuh.

Perusahaan pengolahan ketela rambat(jawa:telo)yang berkedudukan di Jl.Raya Mojosari-pacet dusun Wunut, desa Sampangagung,Kec.Kutorejo Kab.Mojokerto tersebut sampai H-1 Hari Raya Idul Fitri belum juga membayar tunjangan hari raya(THR)kepada karyawannya.

Koordinator aksi buruh Supardi,mengatakan bahwa keinginan karyawan itu adalah meminta THR sesuai aturan yang ada yaitu 1 bulan gaji.

“Karena kenapa sampai H-2 kita baru dikasih tau kalau THR mau di kasihkan,itupun dipotong 35%,jadi kita hanya terima 35%,”ungkapnya,Rabu(12/5/2021).

Lebih lanjut Supardi memaparkan,dari tahun sebelumnya THR masih di kasih full oleh perusahaan.Menurut Supardi semua karyawan menolak bila THR tidak sesuai aturan.

“Kemarin itu baru ada keputusan libur itupun setelah stafing,dan itu keputusan sepihak tanpa ada pemberitahuan sebelumnya,”tegas Supardi.

Sementara itu,mediator dari Disnaker Kabupaten Mojokerto M.Heru menjelaskan bahwa PT Indo Tree sampai sekarang data karyawan belum masuk Disnaker,dan upah buruh juga dibawah UMK Kabupaten Mojokerto.

“Saya sebagi mediator,mediator itu penyelesaian diluar aturan,penyelesaian diluar aturan itu yang penting selesai,”ujar Heru.

Dari pantauan dilapangan pihak managament perusahaan dalam hal ini Baik Owner maupun divisi dari General Manager,Handoko tidak mau menemui buruh yang gelar aksi untuk mediasi,bahkan di panggil via seluler oleh mediator Disnaker Kabupaten Mojokerto terkesan mengabaikan.(red/sus)

News Feed