oleh

Face Off Cokroaminoto Ponorogo Capai 60%

 

Pembangunan face off Jalan HOS Cokroaminoto Ponorogo.

Beritatrends, Ponorogo – Pembangunan dalam penataan total alias face off Jalan HOS Cokroaminoto Ponorogo diperkirakan sudah mencapai 60 persen hingga 70 persen menjelang lebaran kali ini. Ada titik yang sudah hampir selesai dan ada pula titik yang baru dimulai penataannya.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Ponorogo Sumarno, Senin (10/5/2021) mengatakan, sejauh ini memang belum ada laporan dari para vendor yang membangun masing-masing section.

“Namun, secara kasat mata, saya perkirakan pembangunan sudah mencapai sekitar 60 persen sampai 70 persen. Kita lihat saja hampir semua bagian pedestrian atau trotoar sudah jadi,” ungkap Sumarno.

Bagian yang tampak sudah mencapai 100 persen di antaranya adalah sudut yang berada di Ngepos. Bahkan, bangku dan payung-payung hiasnya sudah terpasang. Sedangkan lampunya dijadwalkan datang pada Selasa (11/5/2021) dan akan segera dipasang.

Dilanjutkannya, memang ada section yang baru dimulai hari ini, Senin (10/5/2021). Contohnya adalah section T3 atau yang berada di depan SMPN 1 Ponorogo. Sebuah backhoe atau alat berat diterjunkan untuk membongkar pot panjang di lokasi tersebut. Pohon palem yang ada di pot tersebut diambil oleh tim dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk ditanam kembali di wilayah lain.

Face off Jalan HOS Cokroaminoto Ponorogo meliputi beberapa pekerjaan. Di antaranya adalah pelebaran jalur pedestrian/trotoar masing-masing 2,5 meter di bagian timur dan barat; pemasangan lampu taman dengan ornamen menyerupai burung merak; penggantian vegetasi atau pepohonan dengan pohon pule sebagai vegetasi dominan.

Lalu akan terdapat street furniture seperti bangku taman, tempat sampah, tiang pembatas, bola-bola pembatas, pot-pot bunga dan wastafel; terdapat panggung tempat berswafoto dengan ornamen patung; tersedia spot charging handphone; dan akan dihiasi taman median jalan di setiap pertigaan jalan sepanjang HOS Cokroaminoto meliputi, pertigaan Jalan Thamrin, Jalan Dr. Sutomo, Jalan Jaksa Agung, dan pertigaan Jalan Siberut. Juga akan ada lampu penjor di pertigaan Jalan Siberut.

Kondisi lalu lintas dan penataan kawasan Jalan HOS Cokroaminoto pada Senin (10/5/2021).
“Semua hal yang akan dipasang sudah siap. Ada yang sudah terpasang, ada yang belum,” ujar Sumarno.

Sedangkan terkait penataan parkir, Sumarno mengatakan hal tersebut masih akan dirapatkan oleh tim di Pemkab Ponorogo. “Kita masih akan melakukan pembahasan terkait parkir ini,” pungkas Sumarno. (Efa)

News Feed