oleh

Jelang Lebaran di Ponorogo, Harga Kebutuhan Pokok Stabil Stok Terkendali

 

Rombongan Wakil Bupati Ponorogo Lisdyarita saat monitoring harga dan stok berbagai bahan pangan di Ponorogo, Kamis (6/5/2021).

Beritatrends, Ponorogo – berbagai bahan pangan di sejumlah lokasi di Ponorogo terpantau stabil pada sepekan menjelang lebaran 2021 atau 1442 Hijriah. Stok barang juga terkendali dan diperkirakan mencukupi untuk memenuhi kebutuhan berlebaran dan setelahnya.

Hal ini terungkap saat Wakil Bupati Ponorogo Lisdyarita bersama Wakapolres Ponorogo Kompol Meiridiani, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, anggota DPRD Ponorogo dan UMKM serta tim dari UPT Perlindungan Konsumen Disperindag Jatim melakukan monitoring harga dan stok berbagai bahan pangan di Ponorogo, Kamis (6/5/2021).

Sidak dilaksanakan berurutan dari Pasar Legi Relokasi, Gudang Bulog Ngrupit, Swalayan Luwes, Swalayan Surya, Hypermart Ponorogo City Center (PCC) dan Swalayan Ponorogo Permai (Poper). Di lokasi-lokasi tersebut, tim monitoring menemui harga barang-barang kebutuhan pokok yang masih cukup stabil dan tidak menemui barang yang kadaluwarsa. Mulai dari telur, daging sapi, daging ayam, ikan, beras, sayuran, makanan kemasan, hingga kue-kue lebaran.

“Kita lihat tadi harga barang-barang cukup stabil. Para pedagang kita luar biasa. Mereka memilih tidak menaikkan harga meski sudah mendekati lebaran. Mereka ingin pembeli senang penjual juga senang. Kita tidak temukan kenaikan harga seperti jelang lebaran sebelumnya. Stabilitas harga benar-benar terjaga,” kata Wabup Lisdyarita.

Stok beras di Gudang Bulog Ponorogo Ngrupit juga cukup. Dikatakannya, kecukupan beras tidak hanya sampai lebaran, tapi sampai akhir tahun nanti.

“Ternyata Bulog juga sudah menyerap beras dari petani lokal, petani kita,” ucapnya.

Wabup dan rombongan juga mengingatkan penerapan protokol kesehatan bagi para pedagang maupun pembeli di pasar-pasar tersebut. Mulai dari disiplin jaga jarak antrean pembayaran di kasir sampai pemakaian masker. Bahkan Wabup Lisdyarita sempat membagikan masker dan faceshield kepada sejumlah warga yang ditemuinya tidak memakai masker.

“Kita ingin semua menerapkan prokes ketat sehingga saat lebaran nanti semua sehat walafiat,” ulasnya.

Monitoring di pasar modern ini menjadi upaya untuk mendorong pengelola untuk memberikan ruang jualan kepada UMKM Ponorogo. “Beberapa sudah sangat bagus, menyediakan rak khusus untuk UMKM kita. Tapi ada juga yang sedang negosiasi. Tapi kita dorong agar pasar modern ikut menjual produk UMKM kita,” kata Wabup Lisdyarita.

Sementara, Anggota Komisi B DPRD Ponorogo Ribut Riyanto menambahkan, dari sidak ini ia melihat stabilitas harga sudah cukup baik. Stok juga terkendali.

“Dan kita tekankan agar warga mematuhi prokes ya. Kita juga dukung UMKM kita agar produknya bisa diterima oleh pasar modern yang ada di Ponorogo ini,” ujarnya. (Gal)

News Feed