oleh

Kebal Hukum, Galian C Ilegal di Desa Namorih Pancur Batu Bebas Beroprasi

alat berat untuk tambang pasir, tanah dan batu ilegal 

Beritatrends, Dili Serdang –  Tanpa pernah terkena sanksi tindakan hukum dari aparat kepolisian maupun pemerintah terkait, pengusaha tambang pasir, tanah dan batu ilegal (galian c) di Dusun I (dekat jembatan) Desa Namorih, Kec. Pancur Batu, Kab. Deli Serdang semakin hari semakin merajalela.

Soalah-olah hukum telah mereka ‘kendalikan’, aktifitas penggalian di perut bumi itupun terus beroprasi siang dan malam.

Informasi diperoleh Wartawan, tambang galian c ilegal itu berada tidak jauh dari permukiman masyarakat, bersekitar jarak hanya 100 meter saja. Hal itu tentu sangat meresahkan bagi masyarakat disana. Terlebih, abu dan suara berisik yang dihasilkan dari pertambangan tersebut sangat berefek buruk bagi warga sekitar.

Salah seorang warga kepada wartawan mengatakan, galian c ilegal di kawasan Desa Namorih itu diduga kuat dikelola oleh mafia tambang ilegal berinisial BS. Dia bilang, lokasi galian di daerahnya takhanya satu, terdapat tiga galian yang beroprasi siang dan malam di lingkungan tempat tinggal mereka.

“Jadi kami memohon kepada Kapolda Sumut, Kapolrestabes Medan dan Bupati Deli Serdang untuk menertibkan dan menuturp Galian C yang berada di Dusun II Desa Namorih Kecamatan Pancur Batu ini. Mereka ini sudah seperti setan77 yang haus dengan uang sehingga perbuatan ilegal seperti itu terus mereka lakukan,”kata SP saat ditemui wartawan takjauh dari lokasi,Senin(37/5).

Menurutnya, jika pemerintah tidak turun tangan untuk mengambil sikap tindakan hukum kepada para mafia tambang tersebut. Mereka khawatir jika kampung mereka perlaham akan hancur dan anak-anak mereka tidak bisa hidup sehat seperti anak-anak pada umumnya.

Menanggapi itu, Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan ketika dikonfirmasi soal galian c tersebut mengaku akan meneruskan informasi tersebut kepada subdit terkait.(LD)