oleh

Rapat Paripurna DPRD Raperda Perubahan RPJMD Kabupaten Magetan

 Wakil Bupati Magetan Hj.Nanik Endang Rusminiarti, MPd saat membacakan Raperda Perubahan RPJMD Kabupaten Magetan 

 

Beritatrends, Magetan – Rapat Paripurna DPRD Kab Magetan Dengan Agenda Penjelasan Bupati terhadap Raperda Perubahan RPJMD Kabupaten Magetan di Kantor DPRD Jalan  Pahlawan No.1 Magetan, Rabu (28 April 2021)

Ketua DPRD Kabupaten Magetan H. Sujatno, SE, MM, mengatakan, paripurna DPRD hari ini, dari jumlah anggota Dewan sebanyak 45 anggota dewan, dihadiri 28 anggota DPRD Kabupaten Magetan dan sebagian melalui Virtual sehingga sudah memenuhi forum rapat dan syah untuk melaksanakan rapat Paripurna dan terbuka untuk umum.

Penjelasan Bupati terhadap Raperda Perubahan RPJMD Kab. Magetan melalaui Wakil Bupati  mengatakan, belakang perubahan RPJMD adalah Penyesuaian terhadap Permendagri No.90 tahun 2019 tentang klasifikasi, kodefikasi, dan nomenlaktur perencanaan dan keuangan daerah dan Peraturan mendagri nomor 20 tahun 2020 tentang percepatan penanganan Covid-19 perubahan rencana strategis perangkat daerah, adalah dokumen perencanaan pembangunan untuk jangka waktu 5 Tahun bagi perangkat daerah yang berpedoman pada dokumen perubahan RPJMD.

Selanjutnya, RPJMD Provinsi Jatim ada beberapa penyelarasan lainnya. Dalam perubahan atas RPJMD ini, mekanisme yang dilakukan sesuai dengan perundangan yang berlaku. Pemerintah Kab. Magetan telah melakukan tahapan demi tahapan.

Mulai dari rancangan teknokratik dilakukan pembahasan dengan perangkat daerah, rancangan awal melaksanakan forum konsultasi publik, pembahasan dengan Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kab. Magetan.

“Dalam konsultasi rancangan awal perubahan RPJMD Kab. Magetan kepada Pemprov Jatim melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan verifikasi rancangan awal rencana strategis (renstra) perangkat daerah. Serta musrenbang perubahan RPJMD Kab. Magetan,”terang Wakil Bupati.

Dokumen RPJMD merupakan salah satu dokumen penting dalam mewujudkan suatu tata kelola pemerintahan yang akuntabel dan transparan. Dengan demikian perencanaannya dapat mendukung kebijakan dan terget-target yang ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah provinsi dan menjaga konsistensi pencapaian tujuan RPJMD.

“Selain itu juga sebagai pedoman perangkat daerah dalam penyusunan renstra dan pedoman penyusunan dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD),”pungkas Hj.Nanik Endang Rusminiarti.

Dan Dokumen RPJMD menjadi pedoman untuk melaksanakan pengawasan, pengendalian dan evaluasi pembangunan di Kab. Magetan. Selanjutnya penyerahan Materi Raperda dari Wakil Bupati kepada Ketua DPRD Magetan. (Efa/wawa)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed