oleh

Alirman Sori, Dorong Kepala Daerah Kerjasama Lintas Daerah, Pulihkan Ekonomi

Alirman Sori bersama satuan tugas percepatananan penang Covia 19

Beritatrends, Pessel – Anggota Dewan Perwakilan Daerah ( DPD), Alirman Sori mendorong kepala daerah dapat bisa menjalin kerjasama lintas daerah dalam rangka menggerakan perekonomian masyarakat. Dengan memanfaatkan potensi yang ada.

Menurut Alirman, jarang terpikirkan oleh kepala daerah dan rata-rata bisa dikatakan hampir tidak pernah sama sekali. Padahal potensi di masing-masing daerah akan saling menguatkan ekonomi antara satu daerah dengan daerah yang lain.

“Kita dorong kepala daerah untuk berupaya menjalin kerjasama lintas daerah. Ini menjadi penting dan belum dilakukan oleh daerah di Sumbar, termasuk yang lainnya. Saya berharap, bagaimana mendorong kerjasama dalam lintas daerah ini dapat dibangun,”jelas Alirman Sori. Pada awak media, saat mengunjungi ke Posko Satgas Covid -19 di Pessel, Rabu (28/4).

Anggota DPD RI mencontohkan, antara kabupaten Pessel dengan Solok dan Solok Selatan atau daerah lainnya. Katanya, potensi masing-masing daerah tersebut sebetulmnya bisa digerakkan lebih optimal, kalau kerjasama pada lintas daerah telah terbangun.

” Dalam kondisi saat ini, bagaimana mendorong ada kerjasama lintas daerah, tujuannya adalah untuk memberikan kemudahan kepada daerah lain yang dikerjasamakan. Kalau saya melihatnya, ada potensi silang yang bisa dilakukan. Misalnya, Pessel punya potensi A dan dearah lainĀ  punya potensi B. Jadi, bisa dilakukan semacam ada perpindahan barang di lintas daerah. Ini harus menjadi perhatian bersama,”ujarnya.

Dan, kerjasama lintas daerah tersebut sebetulnya memiliki ruang terbuka, tinggal lagi dari political kepala daerah, mau atau tidak untuk melakukan itu.

Seperti kita ketahui bersama Sumber Daya Alam ( SDM) di Pesisir Selatan sendiri memiliki potensi ikan yang cukup besar dan daerah solok memiliki potensi sayur-sayuran yang sangat baik pula, dan jika kerjasama lintas daerah sudah terbangun maka akan sangat saling menguntungkan dari sisi ekonomi bagi ke dua daerah.

Di tengah pandemi Covid-19, semua sektor memang mengalami kesulitan yang berat, terkecuali di sektor pertanian. Untuk itu, Alirman Sori mendorong pemerintah daerah, bagaimana upaya kebijakan dalam pemulihan ekonomi masyarakat daerah. Salah satu diantaranya juga menggerakan sektor UMKM agar dapat tumbuh lebih baik.

“Karena memang roh nya disitu, jika UMKM bergerak, baik secara tidak langsung dan langsung, itu akan menopang bagaimana pemulihan ekonomi daerah berjalan. Dan ini harus dilakukan pemerintah, karena ini sudah menjadi hal yang krusial, terlebih terhadap dua hal, yaitu pemulihan ekonomi dan kesehatan masyarakat,”tuturnya. ( Gl)

Komentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed