oleh

Masyarakat Terdampak Covid 19 Selalu Mendapat Kucuran Bansos

Aplikasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)
Beritatrends, Magetan – Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat hingga saat ini terus mengucurkan dana bantuan sosial (Bansos) untuk masyarakat yang terdampak Covid-19.

Bansos diberikan kepada masyarakat untuk membantu pemulihan ekonomi Nasional dimasa pandemic covid-19. Bantuan tersebut terdiri dari program Bantuan Sosial Tunai (BST), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Program Kartu Sembako atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Namun beberapa bulan terakhir terdapat beberapa data yang ditidurkan, hal ini dilakukan untuk memperbaiki Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)

Seperti halnya hasil Konferensi Pers yang dilakukan Kemensos RI Tri Rismaharini beberapa hari yang lalu, bahwa Kemensos terus melakulan perbaikan integritas DTKS guna memastikan seluruh data memiliki identitas tunggal, dan Nomor Identitas Kependudukan (NIK) yang padan dengan data kependudukan.

Seperti halnya di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Dinas Sosial Kabupaten Magetan terus memperbaiki integritas DTKS.

Saat ditemui dikantornya, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Magetan Yayuk Sri Rahayu menuturkan bahwa seperti arahan Kemensos DTKS sepanjang bulan Maret telah dipulihkan integritasnya dan ditetapkan pada (01/04) yang lalu melalui Kepmensos No 12/HUK/2021 sehingga menjadi New DTKS. Selasa (27/04/2021)

“Melalui New DTKS, Publik dapat memantau penerima bantuan sosial PKH, BPN dan BST dengan menyebutkan nama dan desa / kelurahan tempat tinggalnya”imbuhnya. Selasa (27/04)

Lanjutnya. Aplikasi New DTKS dapat diakses melalui laman https://cekbansos.kemensos.go.id/. Melalui website tersebut data penerima bantuan sosial yang telah disalurkan maupun dalam proses dapat diakses oleh siapa saja.

“Semoga dengan aplikasi yang diluncurkan Kemensos ini bisa memenuhi hak informasi publik dan meningkatkan transparasi penyaluran Bansos kepada masyarakat”tutupnya. (Efa/ wawa/ Adv)

News Feed