oleh

Bupati dan Wakil Bupati Sekadau Terpilih Tahun 2020 Segera Dilantik : Kuasa Hukum Rupinus-Aloysius, itu Catat Hukum

Beritatrends, Sekadau – Bupati dan Wakil Bupati Sekadau terpilih Tahun 2020 Segera dilantik. Markus Kuasa Hukum Rupinus-Aloysius menyebut masih ada permohonan di Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia, Minggu (25 April 2021).

Markus menyampaikan, melalui Glorio Sanen telah mengajukan kembali permohonan ke Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia dengan nomor akta permodalan pemohon, 141/PAN.MK/ AP3/04/2021. Pada hari Selasa 20 April 2021 dengan KPU Kabupaten Sekadau sebagai termohon.

Maksud kami kita dalam proses di MK, sebaiknya tidak dilantik dulu Bupati dan Wabup Sekadau terpilih.

Markus menjelaskan, dalil dalam permohonan tersebut adalah tidak sesuainya langkah yang ditempuh KPU Sekadau dalam melaksanakan amar putusan MK hingga penetapan Bupati dan Wakil Bupati Sekadau terpilih dengan mekanisme yang berlaku, itu tindakan yang terlalu terburu-buru yang dilakukan KPU. Karena dalam waktu sesingkat-singkatnya sudah ada putusan. Seharusnya KPU melihat dulu, setelah proses PSSU adakah gugatan masuk di MK, setelah itu baru menetapkan calon terpilih.

Kalau itu sesuai dengan aturan, kami tidak akan melakukan permohonan gugatan. Karena bagaimanapun juga kita harus mencermati bagaimana yang dilakukan KPU dalam pelaksanaan putusan

Terkait sudah adanya jadwal pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Sekadau terpilih pada 26 April 2021 di kantor Gubernur Kalimantan Barat. Markus menuturkan seharusnya menjadi tanggung jawab KPU Sekadau. Karena tidak mencermati ada tidaknya gugatan di Mahkamah Konstitusi.(Stepanus)

News Feed