oleh

Polda Riau Sosialisasikan Pengaduan Bisa Melalui Aplikasi DUMAS Presisi

Aplikasi Dumas (Pengaduan Masyarakat) Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan)

Beritatrends, Pekanbaru – Seiring pesatnya kemajuan teknologi saat ini, Polri di era Police 4.0 juga terus beradaptasi dan mengadopsi teknologi termasuk di sektor pelayanan bagi masyarakat.

Baru-baru ini, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meluncurkan Aplikasi Dumas (Pengaduan Masyarakat) Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan) di Mabes Polri, Jakarta.

Kepolisian Daerah Riau yang merupakan satu dari tiga puluh empat Polda di Indonesia turut mensosialisasikan layanan pengaduan masyarakat yang terintergasi tersebut.

Kabid Humas Polda Riau, Kombes Sunarto mengatakan, masyarakat kini semakin mudah untuk mendapatkan pelayanan terkait pengaduan.

Tak lagi harus datang ke kantor polisi, namun hanya melalui sentuhan jari di layar smartphone masyarakat bisa menyampaikan pengaduan atau laporan polisi di mana saja berada.

Masyarakat tinggal mengunduh aplikasi Dumas Presisi yang sudah tersedia di Google Play Store.

Bukan hanya laporan Polisi, melalui aplikasi ini masyarakat juga bisa menyampaikan pengaduan terkait kinerja Polri dan anggotanya.

“Aplikasi DUMAS Presisi menjadi bagian transparansi Polri dan handling complaint masyarakat luas. Memudahkan masyarakat dalam melaporkan hal-hal yang terkait dengan kinerja Polri dan anggota Polri,” kata Kabid Humas, Rabu (7/4/2021).

Meski dapat diakses dengan mudah melalui daring secara digital, namun setiap laporan Polisi tentu tetap merupakan dokumen resmi dan harus dapat dipertanggungjawabkan termasuk oleh pelapor.(Gede/LD)