oleh

Penindaklanjutan tim DPMPD Landak terkait Rancangan peraturan Bupati

Beritatrends, LANDAK – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Landak Mardimo, S.E.,M.E bersama Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Landak Yonas,S.Sos memimpin rapat pembahasan Rancangan Peraturan Bupati tentang Tata Cara Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa yang dilaksanakan di aula kecil kantor Bupati Landak, Selasa (6/4/2021) pagi.
Pembahasan Rancangan Peraturan Bupati ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Landak, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Landak, Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Landak serta 13 camat se-Kabupaten Landak.
Latar belakang dilakukan pembahasan rancangan peraturan bupati ini adalah pertama untuk menindaklanjuti perintah Permendagri nomor 72 tahun 2020 tentang perubahan kedua atas permendagri nomor 112 Tahun 2014 tentang pemilihan kepala desa. Selain itu atas dasar evaluasi terhadap pelaksanaan pemilihan kepala desa tahun 2019.
Adapun Rancangan Peraturan Bupati ini terdiri dari 12 Bab dan 98 pasal yang memuat substansi antara lain mengenai kewenangan dan pembentukan panitia pemilihan kepala desa, tugas panitia pemilihan kepala desa, tahapan pemilihan Kepala Desa, penyelesaian sengketa Pemilihan Kepala Desa, pemilihan Kepala Desa antar waktu melalui musyawarah Desa, tahapan pemilihan kepala desa dalam kondisi bencana non alam corona virus disease, sanksi administrasi, dan pembiayaan.
Adapun kesimpulan pembahasan rancangan peraturan bupati ini yaitu pertama terkait redaksional, akan ditindaklanjuti lebih lanjut oleh bagian hukum setda kabupaten Landak dengan koreksi naskah rancangan peraturan bupati tersebut, kedua terkait substansial pada rancangan peraturan bupati tersebut akan ditindaklanjuti oleh tim di DPMPD Kabupaten Landak berkoordinasi dengan bagian hukum setda kabupaten Landak.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa Kabupaten Landak Mardimo berharap pembahasan rancangan Perbup tentang tata cara pemilihan Kepala Desa ini bisa berjalan dengan baik agar nantinya bisa segera dibahas dan disahkan menjadi Perbup.
“Kita berharap semua proses perancangan Perbup ini berjalan lancar sesuai ketentuan sehingga nantinya dapat segera dibahas dan disahkan menjadi Perbup, karena ini sangat penting sebagai pedoman yang jelas dalam pelaksanaan Pilkades di kabupaten Landak, ” Kata Mardimo.

Komentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed