oleh

Diselipkan Kulit Kardus, Penyelundupan Narkoba Ke Rutan Ponorogo Berhasil Digagalkan

Foto : Petugas Rutan Kelas II B Ponorogo saat merobek kulit kardus isi shabu.

Beritatrends, Ponorogo – Penyelundupan narkotika jenis sabu ke dalam rumah tahanan (rutan) Kelas II B Ponorogo berhasil digagalkan petugas.

Bahkan, Dalam waktu 5 Bulan terakhir Petugas Rutan Kelas II B Ponorogo sudah berhasil tiga kali
menggagalkan masuknya Narkoba ke dalam Rutan.

Kali ini penyelundupan dilakukan melalui paket kiriman dari
keluarga atau kerabat salah satu Warga Binaan Pemasyarakatan
(WBP), Narapidana asal Surabaya berinisial FK, dengan modus kiriman paket berupa makanan dari kerabatnya.

“Ada kiriman melalui ekspedisi swasta. Karena curiga, petugas merobek kardus dan menemukan shabu diselipkan dalam bungkus paket tersebut,” kata Kepala Rutan Kelas II B Ponorogo, Arya Galung, Selasa (30/3/2021).

Kronologinya, saat kurir ekspedisi membawa paket kiriman yang ditujukan untuk Narapidana tersebut pada Senin (29/3) malam. Petugas Rutan segera memanggil Narapidana dan membuka paket didepan kurir. Setelah petugas membuka dan cek semua isi paket berupa makanan tidak diketemukan barang terlarang.

Namun, kecurigaan petugas mulai muncul disaat kardus bungkus paket yang sebelumnya tidak diberikan ke Narapidana, diminta oleh Narapidana. Petugaspun langsung merobek kardus bungkus paket tersebut dan temukan barang terlarang Narkotika jenis Shabu.

“Petugas mendapati sebanyak empat plastik Shabu yang diselipkan di kemasan kardus.
FK mengakui sudah sebanyak dua kali melakukan aksi terlarangnya ini. Terakhir dua minggu yang lalu
dan hari ini Senin (29/03),” ujar Arya Galung.

Pihak Rutan juga telah berkoordinasi dengan Satres Narkoba Polres Ponorogo guna penyidikan dan proses hukum lebih lanjut.

“FK merupakan napi pelayaran dari Rutan Surabaya karena terjerat kasus narkoba. Vonisnya 4 tahun dan kini telah menjalani hukuman 2 tahun,” pungkas Kepala Rutan Kelas II B Ponorogo. (Gal)

News Feed