oleh

Dinas PMD Kunjung Lapang 3 Besar Lomba Desa Tingkat Kabupaten

Foto : Eko Muryanto, Kadin PMD Magetan saat memberikan sambutan pada kunjung lapang fi Desa Tunggur Lembeyan.

Beritatrends, Magetan – Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Daerah (PMD) mengelar program lomba Desa tingkat kabupaten Magetan.

“Program lomba desa dilakukan untuk mengukur tingkat pembangunan dan tingkat partisipasi yang ada di desa,” kata Kadin Dinas PMD Magetan, Eko Muryanto, Senin (29/3/2021) dalam sambutanya saat kunjung lapang di Desa Tunggur, Kecamatan Lembeyan.

“Salah satu yang kita nilai, kita ingin mengukur tingkat partisipasi dan gotong royong, serta pemberdayaan masyarakat,” jelasnya.

Program lomba desa tingkat kabupaten di Magetan telah memasuki tahap kunjung lapang. Dari sekian banyak desa di kabupaten Magetan, 3 desa telah lolos administrasi dan persentasi yang akan dilakukan kunjung lapang, diantaranya adalah Desa Tunggur Kecamatan Lembeyan, Desa Puntukdoro Kecamatan Plaosan, Dan Bogem Ngariboyo.

“Saya juga ingin menghilangkan persepsi bahwa menang lomba desa itu curang dan dibuat-buat, saya ingin menghilangkan itu. Saya ingin yang menang nanti memang benar-benar baik, maka dilakukan kunjung lapang,” ujar Eko Muryanto.

Kegiatan kunjung lapang ini bertujuan untuk melakukan kroscek kebenaran atas yang sudah disampaikan dalam presentasi pada tahap sebelumnya. Kroscek dilakukan tidak hanya pada bidang pemerintahan, tapi meliputi semua bidang yang ada di masyarakat, baik ekonomi, pendidikan, keamanan maupun lainnya.

“Mudah-mudahan dari 3 desa yang akan dilakukan kunjung lapang bisa menyajikan yang terbaik. Bukan hanya polesan ataupun potret,” pungkas Kadin Dinas PMD Magetan.

Dari tiga desa yang akan menjadi juara nanti, selanjutnya akan dilombakan lagi mewakili kabupaten Magetan di tingkat Provinsi. (Ww/Efa)

News Feed