oleh

Bocah 5 Tahun Idap Penyakit Komplikasi Di Rohul Butuh Uluran Tangan Dermawan

Beritatrends, Rokan Hulu – Hati ibu mana yang tidak teriris ketika melihat buah hatinya terkendala tumbuh kembangnya.

Bahkan harus mengidap berbagai penyakit serius di usia yang masih balita.

Hal inilah yang dirasakan Rispendi (28), Warga Dusun Koto Muaro, Desa Pendalian Kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Provinsi Riau.

Arista Aprilia (5) Saat Ini dirawat di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru Dianogsa dokter post relaparotomy serta brust abdomen.

Atas peristiwa tersebut, Ketua DPC LSM Pemantau Kinerja Aparatur Negara (Penjara) Rohul Asep Susanto menegaskan ini perlu perhatian khusus dari Pemkab Rohul.

“Khususnya pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Rohul, seyogyanya kejadian ini harus terupdatenya dan terdatanya, sebab di tingkat Desa ada Bidan Desa harus menyampaikan ini kepada Puskesmas untuk di tangani dengan baik,” ujar Asep Susanto.

Lanjutnya, pihak Dinkes Rohul harus menjalankan amanah Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, Bab VII, Kesehatan Ibu Bayi Anak, Remaja Lanjut Usia dan Penyandang Cacat, Bagian Kesatu Kesehatan ibu, bayi dan anak Pasal 126.

“Kami minta Dinkes Rohul dan Dinas Sosial (Disos) Rohul, supaya mampu bertindak secara kolektif, menangani ini sebagaimana UU 13 Tahun 2011 Tentang Penanganan Fakir Miskin, Pasal 3, Pasal 15 dan Pasal 28,” ungkapnya. (Alfian Tob)

News Feed