oleh

Bupati Madiun Tetapkan 8 Prioritas Pembangunan Tahun 2022

BERIKAN PENJELASAN—Bupati Madiun, Ahmad Dawami memberikan penjelasan kepada wartawan usai membuka Musrenbang RKPD Kabupaten Madiun Tahun 2021 di Ruang Graha Eka Kapti, Rabu (17/3/2021).

Beritatrends, Madiun – Bupati Madiun, Ahmad Dawami menetapkan delapan prioritas rencana pembangunan di wilayah bumi kampung pesilat pada tahun 2022. Delapan program prioritas sebagai upaya pemerintah mewujudkan masyarakat Kabupaten Madiun yang aman, mandiri, sejahtera dan berakhlak.

“Ada delapan prioritas yang saya tetapkan untuk rencana pembangunan di tahun 2022. Delapan prioritas diantaranya sektor ekonomi, lingkungan hidup, tenaga kerja, pendapatan, ivestasi, industri pariwisata, pasca panen dan UMKM,” ujar Ahmad Dawami yang akrab disapa Kaji Mbing saat membuka Musrenbang RKPD Kabupaten Madiun Tahun 2021 di Ruang Graha Eka Kapti, Rabu (17/3/2021).

Selain Bupat Madiun, Kaji Mbing, musrenbang RKPD Kabupaten Madiun tahun 2021 yang digelar Bappeda, Wakil Bupati H. Hari Wuryanto, Plt. Bakorwil, Ir, Karyadi, Sekda Tontro Pahlawanto, Kepala Bappeda Kurnia Aminullah dan perwakilan OPD. Tak hanya itu, kegiatan itu juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Madiun, Fery Sudarsono pimpinan Komisi DPRD Kab. Madiun, Forkompimda dan diikuti secara virtual oleh seluruh OPD, Camat, pimpinan BUMD, LSM dan ormas.

Bupati Kaji Mbing menjelaskan delapan prioritas pembangunan Kabupaten Madiun di tahun yang akan datang yakni pertama peningkatan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan mandiri. Kedua terjaganya keseimbangan kualitas lingkungan hidup. Ketiga, peningkatan penyerapan tenaga kerja lokal untuk menyelesaikan masalah pengangguran. Keempat, terciptanya pemerataan distribusi pendapatan masyarakat.

Kelima, peningkatan layanan investasi berbasis transformasi digital. Untuk investasi, kuncinya investasi itu baik untuk masyarakat, pemerintah dan investor.

Keenam, peningkatan dan pemulihan industri pariwisata lokal pasca pandemi covid-19.

Ketujuh, peningkatan pengelolaan pasca panen, dan kedelapan adalah peningkatan UMKM.

BUKA MUSRENBANG- Bupati Madiun, Ahmad Dawami membuka Musrenbang RKPD Kabupaten Madiun Tahun 2021 di Ruang Graha Eka Kapti, Rabu (17/3/2021).

Tak hanya memaparkan delapan prioritas pembangunan tahun 2022, Kaji Mbing juga memaparkan capaian kinerja pembangunan di Kabupaten Madiun tahun 2020. Diantaranya indeks rasa aman masyarakat mengalami kenaikan dari 66,97 naik menjadi 69,98. Sementara Indeks reformasi birokrasi mengalami kenaikan dari 70,45, di tahun 2020 ini naik menjadi 70,55. Namun pertumbuhan ekonomi mengalami kontraksi akibat pandemi sehingga di 2020 mengalami penurunan -1,69 dibanding tahun 2019.

Sementara indeks pembangunan manusia (IPM) menujukkan kenaikan di tahun 2020 mencapai 71,73 diatas capaian Jatim sebesar 71,71. Tak hanya itu, indeks kualitas lingkungan hidup juga mengalami peningkatan di tahun 2019 sebesar 75,44 di tahun 2020 menjadi 76,55. “Kesalehan sosial juga mengalami kenaikan dari 61,67, ditahun 2020 menjadi 61,90,” jelas Kaji Mbing.

Kaji Mbing menambahkan kegiatan musrenbang sangat penting untuk menentukan RKPD yang merupakan penjabaran program prioritas dan konstruksi ekonomi yang diikuti dengan penetapan Kebijakan Umum Anggaran, Prioritas Plafon Anggaran Sementara.

Selain itu, kegiatan musrenbang menjadi salah satu kunci mewujudkan visi misi Kabupaten Madiun yang aman, mandiri, sejahtera dan berakhlak. “Untuk itu perencanaan pembangunan dibuat secara integrasi di semua OPD,” demikian Kaji Mbing. (MAL/ADV)

 

News Feed