oleh

Selain Dilakukan Penghijauan, Bendungan Selotinatah Juga Ditaburi Benih Ikan Tombro

Pemerintah Kabupaten Magetan kembali tanami bibit pohon serta tebar benih ikan di area Bendungan Selotinatah Ngariboyo.

Beritatrends, Magetan – Dalam rangka penghijauan bumi Magetan Pemerintah Kabupaten Magetan kembali tanami bibit pohon serta tebar benih ikan di area Bendungan Selotinatah Ngariboyo. Kegiatan tersebut diikuti oleh Bupati Magetan, Sekretaris Daerah, Asisten, Kepala OPD terkait, Camat Ngariboyo, Forkopimca, Tagana, Bank sampah serta karangtaruna, Jumat (12/3/2021).

Dalam sambutannya Bupati Magetan Suprawoto menyampaikan bahwa tebar, tanam, pelihara merupakan kegiatan yang memberikan nilai positif bagi lingkungan sekitar. Bupati juga memberikan apresiasi kegiatan seperti ini.

“Kelihatannya ini sederhana tetapi manfaatnya luar biasa, tidak hanya menanam pohon dan menebar ikan saja tetapi juga harus memelihara apa yang sudah kita mulai guna melestarikan kawasan bumi Magetan khususnya area Bendungan Selotinatah” jelas Bupati.

Bupati juga menghimbau kepada masyarakat desa sekitar agar pohon tersebut dirawat dengan baik. “Untuk penanaman pohon untuk diatur jaraknya, sehingga tumbuhnya mampu maksimal, hampir 95% pasti tumbuh saya jamin,” tegasnya.

Arief Ridwan Camat Ngariboyo menjelaskan bahwa kegiatan tabur benih ikan dan penanaman bibit pohon mengambil tema “Satu Pohon Sejuta Manfaat”. Adapun jenis ikan yang akan dilepaskan yaitu ikan tombro kurang lebih 2.500 ekor dan penanaman bibit pohon kurang lebih 1.000 pohon yang terdiri dari Ketapang Kencana, Sengon, Gemelina, Trembesi dan Buah-buahan lainnya.

“Tujuan kegiatan penanaman area yang kosong di area embung ini demi menjaga keseimbangan ekosistem embung Selotinatah” terangnya..

Arief berharap dengan penanaman pohon tersebut dapat mencegah erosi, mampu meningkatkan produksi oksigen serta mengikat cadangan air tanah sehingga kestabilan alam dapat terjaga. (efa/wawa)

News Feed