oleh

Ibu Bupati Karolin Yang Bijaksana : Musim Kemarau Tiba, Sumur Kering, Sungai Keruh Mohon Solusinya

Sungai keruh di saat kemarau panjang, sumur warga pun mengering, Kepala DLH Landak

Beritatrends, Landak – Dampak kemarau panjang yang terjadi di wilayah Mempawah Hulu makin terasa bagi masyarakat bantaran Sungai Mempawah, sumur yang diandalkan untuk alternatif kesulitan air pun sudah mengering, Kamis (11/3/2021)

Dandan salah satu warga Dusun Suka Maju mempawah Hulu mengatakan, padahal kemarau baru masuk namun sumur milik kami sudah mengering, dengan kondisi seperti ini kalau terjadi berkepanjangan bisa bencana buat wilayah kami ini.

“Makin lengkaplah penderitaan kami, untuk keperluan MCK, kami dulu masih bertumpu dengan air Sungai Mempawah, tapi kini apa daya, sungai sudah tidak bisa di gunakan,”ucap Dadan saat menemani pekerja mendalamkan sumurnya.

Lanjut Dadan, bahwa sumur andalan alternatif kedua pemenuhan sumber airpun sudah mengering, padahal itu kedalamannya 12 meter dari permukaan tanah, kok mengering juga.

“Mohonlah perhatian dari Pemerintah Desa, Kecamatan dan Kabupaten untuk memberikan solusi ditengah kesulitan bencana dampak kemarau ini, sulit air bersih,”katanya berharap.

Bupati Landak Karolin melalui Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Landak, Banda Kolaga mengatakan, dalam jangka pendek hal ini biasanya bisa terkoneksi dengan BPBD, namun untuk jangka panjang, terkait menurunnya debit air tanah ini ada banyak faktor yang perlu di perhatikan, bagi petani maupun perkebunan, jangan menanam sawit di bantaran sungai, itu harus di jarak minimal 500 meter dari bibir sungai, kedua agar ada reboisasi untuk daerah yang sudah terlanjur rusak, utamanya bisa di pulihkan dengan menanam bambu di sepanjang bantaran sungai.

“Terkait penanggulangan dampak tastis terkait kesulitan air bersih itu diminta ada kordinasi dengan fihak yang berkompeten, harus ada penyampaian Kepala Desa melalui Camat, Kepada Pemerintah Daerah, agar di carikan formula penanganannya,”pungkas Banda saat di confirmasi melalui sambungan telpon selulernya. (Dominikus Tolek)

News Feed