oleh

Titik Suprawoto Dikukuhan Sebagai Bunda GenRe Kabupaten Magetan

Saat Pengukuhan Bunda Generasi Berencana

Beritatrends, Magetan – Ketua tim penggerak PKK Kabupaten Magetan, Titik Suprawoto S.Pd. M.Pd, dikukuhkan menjadi Bunda Generasi Berencana (GenRe) Kabupaten Magetan oleh Bunda Genre Jawa Timur, Arumi Bachsin. Pengukuhan dilakukan secara virtual di Ruang Kertonegoro Pemda Magetan, Selasa (9/3/2021)

Acara dihadiri oleh IBI (Ikatan Bidan Indonesia) TPPKK, IPeKB (Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana) insan genre, Kodim 0804 dan Dinas PPKB dan PA secara langsung

Pengukuhan juga diikuti oleh Pangdam V Brawijaya, Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Timur, Perwakilan Kepala BKKBN  Provinsi Jawa Timur, Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Jawa Timur, Guru Besar Universitas Airlangga, LSM dan LSOM lintas kerja sektoral Provinsi serta perwakilan undangan dari Kota/Kabupaten Provinsi Jawa Timur melalui virtual.

Kepala perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Jawa Timur, Drs. Sukaryo Teguh Santoso, Mpd. menjelaskan bahwa 50% penduduk Indonesia terdiri dari generasi milenial dan zilenial dengan rentang usia 8-39 tahun.

“Kita harus memperhatikan remaja karena mereka sangat membutuhkan bimbingan dan perhatian. Di mana, perwujudan keluarga berkualitas sangat bergantung pada remaja sehingga sangat penting memperhatikan remaja.” ujar Sukaryo.

Dengan adanya Bunda GenRe dapat membantu BKKBN dalam mensosialisasikan program GenRe. Karena GenRe adalah program yang diluncurkan oleh pemerintah lewat BKKBN dalam rangka merespon permasalahan remaja saat ini.

Selanjutnya diadakan Rapat Koordinasi terkait Teknis Kemitraan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Timur mengenai percepatan penurunan stunting. Mengingat isu stunting adalah tantangan terbesar untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada Balita akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi yang mempengaruhi panjang dan tinggi badan dibawah standar,”jelas Sukaryo.

Titik Suprawoto, Ketua Tim Penggerak PKK yang sekaligus Bunda Genre Kabupaten Magetan mengucapkan syukur alhamdulillah, hari ini ia dikukuhkan sebagai Bunda GenRe Kabupaten Magetan oleh Bunda GenRe Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin.

Lanjut, Titik, nantinya ia akan melakukan kampanye sesuai salam GenRe, yaitu tidak ada perkawinan usia remaja dibawah 20 tahun, tidak ada seks bebas di usia remaja, serta tidak ada konsumsi narkotika dan obat-obatan terlarang dikalangan remaja.

“Nanti melalui Duta GenRe yang dimiliki Kabupaten Magetan akan terus mengkampayekan salam GenRe kepada generasi muda yang ada di SMP maupun SMA,” ungkapnya.

Kabupaten Magetan berhasil dalam menekan angka pernikahan dibawah 20 tahun, nanti kedepannya akan digalakkan lagi kampanye sehingga angkanya bisa terus turun.

“Tak hanya melalui Duta GenRe saja, pihknya juga akan mengajak seluruh semua anggota PKK untuk berperan banyak akan generasi muda. Karena generasi muda ini merupakan asset Bangsa yang sangat berharga,”pungkas Titik.(Efa/Wawa)

 

News Feed