oleh

Kapolsek Sekadau Hulu Musnahkan Alat Para Pekerja PETI Yang Terjaring Razia

Penertiban PETI di Desa Nanga Biaban – Sekadau

Beritatrends, Sekadau Kalbar РPenertiban Lokasi yang adanya kegiatan Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) di Desa Nanga Biaban, yang terletak di 2 ( dua ) tempat Riam Tengkurak dan Rian Kempait, Dusun Nanga Biaban Desa Nanga Biaban Kecamatan Sekadau Hulu Kabupaten Sekadau, Minggu (7 Maret 2021)  sekitar pukul 16. 30 kemarin sampai pukul 04.00 WIB dini hari.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung Oleh Kasat Reskrim Polres Sekadau AKP Frits Orlando Siagian, S.I.K. berserta anggota Kapolsek Sekadau Hulu.

Pada saat pengecekan  tidak ditemukan adanya penambangan PETI, namun dilokasi tersebut hanya ditemukan sisa Рsisa bekas penambangan PETI dan bekas Tenda.

Kegiatan penambangan PETI tersebut yang tentunya mengakibatkan pencemaran Sungai Manterap, hingga terjadinya kesalahpahaman antara warga setempat (Nanga Biaban) dengan warga 3 Desa lainnya.

“Dari kegiatan tersebut tim operasi mengamankan sejumlah barang bukti berupa kain, dulang, dan mesin robin,” ungkap Kapolsek Sekadau Hulu IPDA Sudarsono, S.Sos kepada media ini melalui via telpon

Dengan adanya tindakan dari pihak keamanan tentu memberikan kesadaran kepada masyarakat suapaya mematuhi himbauan dan tidak mementingkan diri sendiri, apalagi kegiatan PETI tersebut di Hulu Sungai yang mengakibatkan ribuan warga terdampak dibantaran sepanjang Sungai Manterap.

Setalah melakukan empat kali penertiban dan memasang spanduk diberbagai tempat yang rawan kegiatan hingga melaku langkah turjun langsung pengamanan kelapangan, sebelumnya penertiban juga melibatkan kades-kades dan ketua adat dari Desa Biaban dan juga desa lainnya.

Sangat patut di acung jempol atas tindakan Kapolres Sekadau AKBP Tri Panungko SIK.

Melalui Kapolsek Sekadau Hulu IPDA Sudarsono S.Sos berserta anggotanya yang berusaha keras mensosialisasi kepada masyarakat bahwa buruknya dampak dari PETI pada lingkungan hidup selama ini.(Antonius)

News Feed