oleh

Cegah Banjir, Bupati Ponorogo Bersama Elemen Masyarakat Kerja Bhakti Bersihkan Saluran Air

Foto : Bupati Sugiri saat ikut membersihkan Got.

Beritatrends, Ponorogo – Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko bersama Wakil Bupati Ponorogo Lisdyarita berserta elemen masyarakat Ponorogo, melakukan kerja bakti bersih-bersih drainase alias saluran air yang berada di area kota Ponorogo, Minggu (7/3/2021) pagi.

Titik lokasi yang dibersihkan diantaranya, Selokan Jalan Diponegoro, Asmorondono, Jola-Joli di Kelurahan Tambak Bayan yang merupakan aliran selokan dari Alun-Alun Ponorogo.

Pasalnya pada titik-titik tersebut setiap datang hujan, sering terjadi luapan air.

Mulai dari pejabat Pemkab, relawan serta warga pun ikut andil dalam aksi bersih-bersih kota Ponorogo tersebut.

“Pembersihan selokan ini untuk melihat faktor penyebab kenapa sering banjir disini, dan untuk normalisasi selokan. ini bukanlah pencitraan ujar,” kata Bupati Sugiri Sancoko, Minggu (7/3).

Ironisnya, saat Bupati Sugiri ikut turun ke Got untuk membersihkan got, ia menemukan fakta sejumlah saluran drainase di wilayah tersebut telah beralih fungsi.

“Dimana sejumlah warga nekat membangun bangunan diatas saluran air ini, seperti yang terjadi di Jalan Asmorondono Kelurahan Tambakbayan Kecamatan Ponorogo ini. Hampir 30 persen selokan air di kawasan ini kini beralih fungsi menjadi lantai rumah warga. Hal ini pun mengakibatkan penyempitan drainase,” ungkapnya.

Sugiri menjelaskan akan menyerahkan urusan ini ketingkat RT guna mencari solusi bersama,”Biar diatas tidak terkesan menekan, peh penguasa ngubrak, biar problem ini dituntaskan bersama dengan musyawarah RT,” ujar Sugiri.

Sugiri Sancoko mengatakan, Pemkab Ponorogo akan terus berupaya mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan. Ia akan meminta kepada seluruh aparatur di Lingkungan Pemerintahan Ponorogo, untuk menjadi panutan masyarakat dalam pengelolaan sampah.

“Mari kelola sampah di lingkungan kita masing-masing untuk hidup semakin bersih. Jika kerja bakti atau bersih-bersih seperti ini rutin dilakukan, tidak hanya masyarakat Ponorogo saja yang senang. Namun wisatawan juga akan datang ke Ponorogo,” tandasnya. (Gal)

News Feed