oleh

Bapak Kapolda Kalbar Lapor : Sulitnya Penertiban PETI Tanpa Peran Serta Dari Pemerintah Setempat

Kondisi Sungai Sekadau yang sangat keruh

Beritatrends, Sekadau Kalbar – Kapolsek Nanga Mahap IPDA KUSWIYANTO, S.H. beserta jajaran dengan gencar mensosialisasikan penertiban kegiatan PETI sampai hari ini.

Namun sangat disayangkan tanpa adanya bantuan dari pemerintah setempat untuk memberi pemahaman dan kesadaran masyarakat tentu usaha itu akan sia-sia, contoh para pekerja sampai saat ini bekerja dengan main kucing-kucingan tidak perduli dengan himbauan dari aparat bahkan seakan-akan menantang hukum yang berlaku.

Terlihat sumber pencemaran, yang masih bekerja dari beberapa kampung di Desa Lembah Beringin Kecamatan Nanga Mahap, yaitu tampak dari kampung Kenunai, Tanjung Kelapa dan paling ujung Gurung Urau limbah dari para pekerja jelas bisa dilihat dialiran Sungai Kemarau yang mengalir di tengah Desa Lembah Beringin kemudian masuk ke Sungai Sekadau.

Sangat disayangkan para pekerja PETI ini tidak memiliki rasa sosial terhadap sesama dimana ribuan warga yang mengunakan air sungai sebagai kebutuhan, dan tidak perduli dengan masyarakat luas yang akan kehilangan air bersih, para pekerja PETI ini hanya memikirkan egoisme masing-masing.

Dengan melihat kondisi masyarakat bantaran sungai Sekadau khususnya Nanga Mahap sangat diharapkan juga bagi pemerintah memperhatikan masyarakatnya khususnya di bidang air bersih yang mana diketahui sempat ada pembangunan PDAM pada 2018 lalu sampai saat ini belum berhasil mengalirkan air padahal pipa jaringan sudah terpasang dari Intake Bukit Sekitak sampai ke Desa Nanga Mahap.

Proyek air bersih yang seharusnya sudah dinikmati saat ini oleh masyarakat, akan tetapi tidak diketahui apa sebab hingga belum selesai, dan belum ada kelanjutan.

Hal ini juga dibenarkan oleh Humas Polsek Nanga Mahap jika hanya dari pihak Polri saja menertibkan kegiatan PETI tanpa adanya campur tangan dari pihak Pemerintah Desa, Kecamatan dan Kabupaten tentu terjadi seperti ini, tentunya sangat kesulitan, ungkapnya kepada media ini 2 Maret 2021.

Dilain sisi para warga saat ditemui media ini di Pasar Kecamatan Nanga Mahap sangat berharap agar pemerintah segera menyelesaikan proyek air bersih dari Bukit Sekitak Desa Batu Pahat Kec. Nanga Mahap untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga sehari-hari, pungkas warga. (Antonius)

News Feed