oleh

Musdesus Desa Bange Validasi, Finalisasi dan Penetapan Calon Penerima BLT  Tahun 2021

foto besama bahwa Musdesus telah dilaksanakan, Jumat (26/2/2021)

Beritatrends Bengkayang  – Pemirsa, Pemerintah Desa sebagai ujung tombak pemerintahan di tingkat bawah harus selalu siap menjalankan tugas dari Pemerintah Pusat, salah satunya yaitu yang berhubungan dengan terdampaknya warga masyarakat dengan adanya Covid-19 ini.

Menindaklanjuti Peraturan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia terkait prioritas Dana Desa yang digunakan untuk penanganan Covid-19 diantaranya pemberian Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLT-DD) serta Surat Edaran Pemerintahan Kabupaten Bengkayang  terkait Penyaluran BLT-DD maka Pemerintahan Desa Bange Kecamatan  Sanggau Ledo Kabupaten Bengkayang  menyelenggarakan Musyawarah Desa Khusus tentang  Validasi, Finalisasi dan Penetapan Kepala Keluarga Calon Penerima BLT-DD, Jum’at (26/2/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut Forkopimca, Pendamping  APBDes Kecamatan Sanggau Ledo, Pendamping Lokal Desa, Kepala Desa beserta Perangkatnya, BPD, serta semua Ketua RT/RW.

Pemerintah Desa wajib mengalokasikan dan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) untuk meringankan beban masyarakat akibat adanya Covid-19. Penyaluran BLT-DD nantinya akan dilaksanakan oleh Pemerintah Desa dalam bentuk Uang Tunai.

Zulkarnaen Ketua BPD Desa Bange mengatakan Musdes untuk memvalidasi data data dari Rt,apakah data tersebut sudah  bisa di gunakan untuk menerima BLT DD 2021 apa belum.

Kepada yang telah terdaftar insaallah nanti menerima manfaat dana tersebut gunakan sebaik mungkin untuk keperluan hidupnya, jangan di gunakan untuk berfoya foya, bisa digunakan untuk nambah modal usaha, sebab tidak selamanya bantuan itu ada.

Kepala desa Bange Lopertus mengatakan, musdes pendataan penerima dana BLT DD ini, memulai dari tingkat RT, dan ini adalah tahun kedua, salah satu kriteria penerima,  tidak menerima bantuan lain salah satu contoh misalnya PKH atau BST, dan yang lebih penting lagi, penerima memiliki kartu keluarga (KK), NIK nya sudah ada di Disdukcapil dan sudah online, itulah salah satu kelayakan penerima BLT DD,

Pihaknya bersyukur hari ini bersama BPD, tokoh adat, tokoh masyarakat, kaposek melalui Bhabinkamtibmas, serta Bhabinsa dan perwakilan perempuan, telah menetapkan calon penerima yang berjumlah 105 orang dan sudah di tanda tangani berita acara.

Ika Lestari Pendamping Desa Bange  mengatakan, untuk meng update data,sebab ada team survey untuk menerima manfaat KPM ini,untuk melaksanakan syarat dari kementrian desa ada tiga syarat untuk anggaran tahun 2021.

Hasil dari team survey inilah yang akan di bawa oleh perintah desa untuk di bahas bersama dengan masyarakat,karena Covid-19,  tidak bisa mengundang banyak masyarakat,dan diharapkan masyarakat yang hadir menyampaikan kepada warga bahwa calon calon penerima BLT ini sudah sesuai dari syarat syarat kementrian Desa.(Injil).

 

News Feed