oleh

Koperasi SMS Melaksanakan RAT Tahun Buku 2020

Anggota dan Pengurus Koperasi Pemasaran Subur Mandiri Sejahtera pada acara  Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2020

Beritatrends, Bengkayang – Setelah berjalan selama setahun, Koperasi Pemasaran Subur Mandiri Sejahtera (SMS) telah melaksanakan Rapat Anggota Tahunan,  Rabu (24/02/21) kemarin.

Kegiatan ini berlangsung di Aula Kantor Koperasi Desa Lesabela, Kecamatan Ledo, Kabupaten Bengkayang, dalam RAT tersebut dihadiri oleh Pihak Kecamatan/mewakili, Kapolsek, Kepala Desa/mewakili, Dinas Koperasi/mewakili, serta dari Perusahaan PT. Sentosa Bumi Wijaya (SBW).

Camat Ledo yang di wakili oleh Kasubag administrasi umum (Adum) Iman Setyanta memberikan masukan dan arahannya, saya merasa senang bisa hadir, bukan berarti saya di sini untuk menyenangkan pengurus koperasi, namun banyak para petani yang menyampaikan langsung kepada kami, mereka mengaku dengan adanya koperasi ini dari segi harga lebih tinggi dan merasa terbantu, oleh karena itu keunggulan koperasi adalah untuk mensejahterakan anggota dengan asas Kekeluargaan.

“Tidak hanya mengambil sisi keuntungan saja, tidak ada unsur diskriminasi, dan RAT ini memang harus diadakan dan ini merupakan langkah yang baik,” ungkap Imam Setyanta.

Kapolsek Ledo Iptu Asep Maulana mengatakan, kami berpesan kepada pengurus agar betul – betul bisa dipertanggungjawabkan apa yang telah dilaksanakan, karena semua harus terbuka, sebab keuntungan akan dirasakan bersama – sama, karena saat ini ada banyak koperasi, mungkin ratusan tapi rata rata mati suri, bahkan ada yang sampai tujuh – delapan tahun berjalan namun tidak ada kegiatan Rapat Anggota Tahunan.

“Kami yang bergerak di bidang hukum, selalu berharap agar koperasi ini berjalan sesuai dengan harapan para anggotanya, karena kalau terjadi tindak pidananya, itu di pastikan berurusan dengan pihak kepolisian, oleh karena itu kami meminta kepada pengurus harus terbuka dengan para anggotanya, dan juga kepada perusahaan perhatikan masyarakat Petani dengan adanya koperasi ini, mudah – mudahan kedepan semakin baik,” ucap Asep Maulana.

Adrianus Adu, yang mewakili Kepala Bidang Koperasi dan UKM Dinas Koperasi, UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bengkayang mengatakan, terselenggaranya kegiatan ini merupakan suatu Prestasi Pengurus, sebab setelah berdiri setahun yang lalu sudah berani melakukan kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) terbilang tercepat secara tepat waktu sesuai ketentuan sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Nomor 19 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Rapat Anggota Tahunan paling lambat 6 bulan setelah tutup buku atau sekitar akhir bulan Juni.

Dalam Kegiatan Rapat Anggota Paling tidak ada 3 Komponen yang dibahas yaitu Laporan Pengurus, Laporan Hasil Pengawasan oleh Badan Pengawas, serta Rencana Kerja untuk tahun buku berjalan, tidak mudah memang yang dapat melakukan kegiatan seperti ini, di Kecamatan Ledo ada sekitar dua puluhan namun yang aktif hanya sekian persen saja ini merupakan sebuah keprihatinan yang disebabkan oleh banyak faktor meskipun demikian kami terus melakukan Pembinaan, Pendataan, Pendampingan untuk memperkuat SDM Koperasi dengan berkoordianasi secara Intensif ke semua Pengurus.

“Namun dilapangan terdapat banyak kendala yang dialami oleh Koperasi termasuk melemahnya kepercayaan masyarakat terhadap koperasi, itu sangat dirasakan oleh Pengurus Koperasi, terutama dalam menggerakan permodalan, usaha, maupun Pola Manajemen Koperasi sehingga berdampak pada Penyelenggaraan Rapat Anggota Tahunan,”ucapnya.

Padahal sejak Koperasi tersebut berbadan Hukum, berarti kewajiban menyelenggaraan RAT sudah merupakan keharusan.

Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL ) yang membina dan mendampingi Koperasi Fokus di 6 Kecamatan dari Kec. Ledo Hingga Kec. Siding juga berkesempatan mensosialisikan UU Cipta Kerja Nomor 11 Tahun 2020 beserta aturan Turunannya Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Perlindungan Koperasi dan UMKM, terkait Syarat Pembentukan Koperasi, Rapat Anggota, Pelaporan dan Usaha Koperasi.

“Bagi Pengurus Koperasi termasuk dalam penyelenggaraan Rapat Anggota atas nama Pemerintah Kabupaten Bengkayang khusus Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi sangat berterima Kasih Kepada Koperasi yang telah mematuhi ketentuan yang berlaku, karena nilai tambah bagi Pemerintah dalam hal pembinaan koperasi, hal itu dilihat dari kepatuhan penyelenggaraan RAT seperti ini, sebab hasil dari kegiatan ini termonitor dan menjadi bahan laporan ke pusat yaitu Kementrian Koperasi, apabila tidak mekaksankan RAT, seolah olah Pemerintah kurang makaimal melakukan pembinaan”terangnya.

Pengurus Koperasi Alpianus Atut, mengatakan, merasa berbangga serta tetap berkomitmen untuk tetap mematuhi ketentuan yang berlaku meskipun masih terdapat kendala dan tantangan, termasuk kesulitan menggerakan permodalan Koperasi, usaha koperasi, serta administrasi koperasi sehingga tetap memerlukan pendampingan, namun demikian kami pengurus koperasi Pemasaran Subur Mandiri Sejahtera pada kesempatan yang baik ini menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada semua pihak dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Bengkayang yang sangat mandukung kami terutama peningkatan SDM dengan beberapa kali diikutkan kedalam pelatihan yang dilaksanakan di Pontianak.

Disanalah kami banyak belajar, dan ilmu yang kami peroleh itulah yang kami gunakan untuk menjadi pedoman menggerakan koperasi, kemudian selama setahun terakhir semua perijinan juga sudah rampung sehingga perjalanan bisnis kedepan jauh lebih cepat lagi.

“Namun demikian jika semua anggota dapat bersatu padu saling mandukung bergandengan tangan antara anggota, badan pengawas maupun badan pengurus, termasuk para pihak karena berusaha bersama memerlukan dukungan,”jelas Atut.

Lanjut Atut, Koperasi Pemasan Subur Mandiri Sejahtera ke depan dapat semakin maju dengan menunjukan perkembangan baik itu keanggotaannya, aset, bisnisnya termasuk pengelolaannya.

“Koperasi SMS akan bisa menjadi barometer koperasi yang sehat, maju serta patuh terhadap ketentuan yang berlaku kedepannya,”pungkas Atut.(Injil)

News Feed