oleh

Perguruan Tinggi Industri Kulit Magetan Resmi Dibuka

 

 Pembukaan program pendidikan Setara Diploma-1 (D1) Akademi Teknik Kulit (ATK) Tahun Pelajaran 2021 resmi dibuka.

Beritatrends, Magetan – Program perkuliahan Pendidikan Setara Diploma-1 (D1) Akademi Teknik Kulit (ATK) Tahun Pelajaran 2021 resmi dibuka. Berdirinya akademi ini atas kerja sama antara BPSDMI Politeknik ATK Yogyakarta dan Pemkab Magetan.

Peresmian program ini dilakukan oleh Bupati Magetan, Wakil Bupati, Forkopimda, Asisten, Kepala OPD terkait, Direktur Utama ATK Yogyakarta, Ketua Aperindo Jawa Timur, serta Direktur Utama PT. Prima Ngawi Rabu (24/2/2021) di Pendapa Surya Graha Magetan.

Perkuliahan ini akan di ajar oleh para dosen dari politeknik Yogyakarta dan praktisi dari perguruan tinggi lain serta Tim Pemerintah Kabupaten Magetan.

Penerimaan dan seleksi mahasiswa baru pun sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu dan diterima 37 orang yang siap belajar di tahun ini.

Meraka akan mendapat sistem perkuliahan 44 SKS yang dibagi 40% teori 60% praktek.

Di akhir kuliah, akan ada magang di industri baik alas kaki/kulit yang bekerja sama dengan BPSDM Kementerian Perindustrian.

Suprawoto, Bupati Magetan memaparkan, bahwa industri produksi kulit di Magetan masih teerdapat sekitar 80% hasil penyamakan kulit (bahan setengah jadi) yang selama ini dikirim keluar Magetan. Maka itu, hadirnya ATK diharapkan industri kulit di Magetan tidak hanya mendistribusikan penyamakan kulit tapi bisa memproduksi olahan kulit jadi, seperti sepatu kulit, tas kulit, dan lain-lain.

“Selama ini sekitar 80% kulit setengah jadi masih di olah di luar Magetan, saya hatrap Magetan bisa mengolahnya sendiri. Sehingga, hasil penyamakan dan produksi kulit di magetan dapat maksimal,” terangnya, saat pembukaan ATK.

ATK Yokyakarta yang merupakan perguruan tinggi pendidikan industri kulit satu-satunya di Asia Tenggara dapat memunculkan wirausaha baru industri kulit di Kabupaten Magetan

“Pendidikan dan industri di Magetan akan ada link and matchnya dari adanya akademi teknik kulit ini. saya berharap nanti ditingkatkan dari D1 di sini bisa melanjutkan D3 di ATK Yogyakarta.” Ujar Suprawoto.

Selain itu, dengan adanya ATK di Magetan membuat persebaran perguruan tinggi di Jawa Timur bagian barat semakin merata.

“Manfaat yang luar biasa nanti akan berdampak di Magetan, pasti nanti ada beberapa orang yang datang dari luar Magetan. Mengingat jurusan ini adalah jurusan yang memiliki prospek panjang dan luar biasa bagusnya.” pungkas Suprawoto.

Tujuan diadakannya perguruan tinggi ATK di Magetan untuk menghasilkan setara D1 tentang Industri Kulit, agar menciptakan wirausahawan produk kulit serta membantu Kabupaten Magetan dalam mengembangkan industri kulit. (Efa/WW)

News Feed