oleh

Dalam Evaluasi PPKM Mikro : Tren Kasus Covid-19 di Magetan Turun

 

 Forkopimda Magetan saat mengikuti Rapat Evaluasi PPKM Mikro Provinsi Jawa Timur secara virtual bersama Bupati/Walikota se-Jawa Timur

Beritatrends, Magetan – Sejak PPKM Mikro di laksanakan mulai 9 Februari – 22 Februari 2021 di kabupaten Magetan tren kasus Covid-19 mengalami penurunan, baik dari angka kasus terkonfirmasi, pasien sembuh, hingga kasus pasien meninggal dunia.

“Bahwa pada PPKM Mikro di Kabupaten Magetan mengalami angka penurunan baik terkonfirmasi maupun meninggal, dan tingkat kesembuhan yang naik 33% diatas nasional,” kata Bupati Magetan, Suprawoto, saat mengikuti Rapat Evaluasi PPKM Mikro Provinsi Jawa Timur secara virtual bersama Bupati/Walikota se-Jawa Timur, Selasa (23/02/2021).⁣

Selain itu, juga tidak terdapat Desa di Magetan yang masuk dalam zona merah maupun zona orange sejak dilaksanakan PPKM Mikro.

Di Magetan tercatat sebanyak 2.337 kasus orang terpapar Covdi-19. Karena diklaim efektif menurunkan penyebaran Covid-19 di wilayah Jatim, PPKM Mikro diperpanjang sampai 8 Maret 2021.

Saat ini Kabupaten Magetan masih terus berupaya dalam pengendalian Covid-19. Mulai dari peningkatan pemantauan oleh penanggung jawab desa terhadap kasus suspect dan terkonfirmasi, peningkatan KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) kepada pasien dan keluarga, membentuk posko PPKM mikro, hingga gerakan memakai masker 24 jam serentak selama 2 pekan.

Bupati Suprawoto juga menyampaikan mengenai Pagu dana desa, di mana Kabupaten Magetan termasuk 5 Kabupaten di Jawa Timur yang tercepat realisasi dana desa. Dan telah tersalur di 128 desa. Total dana desa jika sudah tersalur totalnya 13 milliar rupiah sekian.

“Ada 48 desa proses ini masih di KPPN sebentar lagi akan keluar, 31 desa dalam proses ada perubahan rekening dari bank mandiri ke bank Jatim.” Ungkap Suprawoto.

Percepatan pencairan dana desa dinilai sangat penting, untuk mendukung seluruh aktivitas yang terkait dengan PPKM skala mikro yang harus didukung penuh oleh desa pada level desa.

Sebagai contoh, dana tersebut bisa digunakan untuk optimalisasi pelaksanaan posko jaga desa menjadi 24 jam. (efa/ww)

Komentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed