oleh

Sejumlah Ruas Jalan Penghubung Tladan-Lembeyan Rusak

Ruas jalan dari Desa Tladan ke Lembeyan rusak dan Berlubang membahayakan penguna jalan.

Beritatrends, Magetan – Sejumlah titik di ruas jalan dari Desa Tladan ke Kecamatan Lembeyan maupun sebaliknya mengalami kerusakan dan berlubang sepanjang 6 KM. Hal ini dapat membahayakan penguna jalan yang melintasi jalan tersebut.

Apalagi pada saat musim penghujan, memperparah keadaan jalan dengan tergerusnya aspal dan terdapat kubangan air.

Padahal jalan tersebut setiap tahunya telah mendapat rehabilitasi dari Dinas PUPR Magetan pada 2019 dan 2020 yang nilainya 1 Milyar lebih.

Didik Budiman, Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Magetan mengatakan, Dinas PUPR Magetan telah menganggarkan Rp 1,2 Milyar untuk penanganan jalan Genengan-Lembeyan pada anggaran Induk APBD tahun 2021.

“Rencana untuk perbaikan jalan Genemgan-Lembeyan di anggarkan Rp 1,2 Milyar untuk perbaikan badan jalan,” ungkapnya, Rabu (17/2) saat ditemui di kantornya.

Dijelaskanya, untuk jalan Tladan sampai dengan Kecamatan Lembeyan yang memiliki tekstur tanah labil (bergerak), maka Dinas PUPR menfokuskan untuk kegiatan perbaikan badan jalannya terlebih dahulu.

“Penanganan leveling dulu, Leveling patching (penambalan lubang-lubang, red) dan spot leveling (menata badan jalan, red),” jelas Didik.

Ia menambahkan, anggaran Rp 1,2 untuk jalan Genengan-Lembeyan yang telah direncanakan diperkirakan juga akan terdampak akibat kebijakan refokusing anggaran akibat pandemi Covid-19.

“Anggaran yang kita rencanakan tersebut akibat refokusing kemungkinan juga akan menyusut akibat refokusing, mungkin tinggal sekitar Rp 750 Juta,” ujar Didik.

Perbaikan jalan Raya di Desa Tladan – Lembeyan pada tahun 2021 ini belum bisa dilakukan aspal hot mix karena keterbatasan anggaran, namu kegiatan sementara akan dilakukan tambal sulam agar jalan tetap nyaman untuk lalu lintas kendaraan.

“Ini masih perencanaan, April pengadaan, apabila semuanya lancar fisik bisa dimulai pada Juni-Juli,” pungkas Kabid Bina Marga Dnas PUPR Magetan. (Efa/WW)

Komentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.