oleh

Kepolisian Resort Rohul Amankan 22 Orang, Tetapkan 6 Tersangka Perusakan Kantor IPK Di Mahato

ormas yang melakukan pengrusakan diamankan Polisi

Beritatrends, Rohul – Diduga sekelompok ormas melakukan pengrusakan dengan cara memukul kaca Kantor IPK Kecamatan Tambusai utara KM 24 Dusun Bandar Selamat Desa Mahato Kecamatan Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Jum’at (12/2/ 2021) sekitar 17.00 Wib.

“Adapun identitas 22 orang yang diamankan di sekitar TKP yakni MY (43), YB (26), JS (25), MR (33), LH (46), SN (31), RE (38), Brin alis Rin (44), AL (27), Bus (37), Ria (37), BN (33), JE (33), WH (41) IS (58), YK (26), EC (42), AH (45), ST (38), DS (30), SH (34) dan AP (41),” kata Kapolres Rohul AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH melalui Paur Humas IPDA Refly Setiawan Harahap SH, Senin (15/2/2021).

Lanjut IPDA Refly Setiawan Harahap SH, mengatakan, dari hasil pemeriksaan Penyidik Sat Reskrim Polres Rohul kemudian didukung dengan BB yang disita lalu dikuatkan dengan gelar Perkara.

“Selanjutnya Sat Reskrim menetapkan beberapa orang yang telah diamankan ditetapkan menjadi tersangka terkait dengan peristiwa perusakan itu,” ujarnya.

Diterangkan IPDA Refly Setiawan Harahap SH, adapun yang ditetapkan sebagai tersangka yakni MY (Melakukan pengrusakkan menggunakan kayu Broti dilapisi paku dan Samurai), YB (Melakukan pengrusakkan menggunakan kayu Broti dilapisi paku), JS (Melakukan pengrusakkan dgn menggunakan kayu Broti dilapisi paku dan panah Ambon), MR (Melakukan pengrusakkan dengan menggunakan kayu broti yang dilapisi Paku), LH (Melakukan pengrusakkan menggunakan kayu Broti dan pembakaran dengan cara membakar Jaket yang ada dalam mobil IPK menggunakan Korek warna Hitam).

“Kemudian MK (Dalam pencarian) (Melakukan pengrusakkan dengan kayu Broti dan pembakaran dengan cara melempar bensin ke arah api yg asalnya dari jaket yang berada di dalam mobil IPK). (Asal bensin dari sepeda motor yang bersangkutan dan di masukkan dlm aqua gelas kemudian di lempar ke arah jaket yang sudah terbakar),” ungkap Paur Humas IPDA Refly.

Dirincikan IPDA Refly, akibat dari kejadian perusakan yang dilakukan oleh tersangka diatas yaitu 1 Unit Mobil R4 Jenis Mitsubishi Strada Triton bewarna Loreng IPK hangus terbakar dan pecahnya kaca jendela Kantor IPK, Kecamatan Tambusai Utara.

“Kerugian materi ditaksir Rp 200.000.000, korban jiwa tidak ada. Adapun Barang Bukti (BB) yang dipergunakan 1 Buah mancis kriket warna Hitam, 6 buah kayu Broti yang dipasng paku, 1 buah Samurai dan 1 buah panah Ambon,” ungkapnya.

Sambungnya, terhadap 22 orang yang diamankan, ada 6 orang di antaranya ditetapkan sebagai tersangka sedangkan yang lain dijadikan sebagai saksi dan dikenakan wajib lapor 2x seminggu.

Informasi awal, sekelompok Ormas Pemuda itu dengan menggunakan kayu Broti dilapisi paku, kemudian membakar 1 Unit Mobil R4 Jenis Mitsubishi Strada Triton Nopol BG 8761 IM bewarna Loreng IPK.

Menindak lanjuti informasi tersebut, dengan mengedepankan konsep PRESISI Kapolres Rohul AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH bersama dengan Para Perwira dan personil Polres Rohul serta Polsek Tambusai Utara langsung turun ke tempat kejadian.

Setibanya di Tempat Kejadian Perkara (TKP) Kapolsek Tambusai Utara telah mengamankan 22 orang yang diduga ada kaitannya dengan peristiwa perusakan itu.

Setelah itu Kapolres Rohul memerintahkan Kasat Reskrim AKP Rainly L, SIK dan Tim Gabungan Polres Rohul untuk membawa 22 orang tersebut ke Polres Rohul untuk dilakukan pemeriksaan.

“Pasal yang disangkakan Pasal 170 dan atau Pasal 187 KUH Pidana dengan ancaman maximal 12 tahun penjara,” tutup IPDA Refly Setiawan Harahap SH mengakhiri.(Humas Polres Rohul/LD)

Komentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.