oleh

Polda Kalimantan Barat Razia PETI di Bengkayang, 2 Unit Eksavataor dan 1 Unit Mesin Dompeng di Sita Sebagai BB

Saat mengangkut BB dan saat anggota Brimob dari Polda Kalbar saat bersiap-siap melakukan razia, Jumat (12/2/2021) kemarin

Beritatrends, Bengkayang – Setelah Kepolisian Resort Bangkayang menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pencegahan dan penanggulangan pertambangan tanpa izin, Selasa (9/2/2021) yang lalu.

Dengan maksud upaya hukum yang ditempuh untuk menyelesaikan permasalahan pengelolaan serta penegakan hukum dan penerapan sanksi secara tegas di sektor pertambangan emas tanpa izin dengan melaksanakan koordinasi pencegahan dan penanggulangan akibat penambangan emas tanpa izin.

Namun pada Jumat (12/2/2021) kemarin, Polda Kalimantan Barat melaksanakan operasi untuk memberantas penambangan emas tanpa izin yang marak di wilayahnya.

Operasi kewilayahan ini telah berjalan. Beberapa di antaranya sudah berhasil mengamankan alat berat yang beroprasi saat itu.

Kapolres Bengkayang AKBP NB Darma SIK MH, melalui Kasat Reskrim AKP Mariba, SH mengatakan benar kemarin dari Polda Kalimantan Barat melakukan Razia di Desa Blangko, dan Tiga Desa.

“Kami selaku yang punya wilayah hanya sifatnya membeack up saja karena kemarin itu yang turun langsung dari Polda Kalimantan Barat,”jelas Mariba.

Lanjut Mariba ada, 2 unit eksavataor dan satu unit mesin Dompeng yang diamankan pihak Polda Kalimantan Barat.

“Untuk lebih komplitnya keterangan silahkan menghubungi Humas Polda Kalimantan Barat, karena oprasi tersebut diluar dari agenda kami,”jelasnya.

Padahal rencana kami mengadakan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pencegahan dan penanggulangan pertambangan tanpa izin pada Selasa (9/2/2021) yang lalu untuk melakukan pencegahan dengan memberikan himbauan kepada para Kepala Desa, Camat dan Pemerintah apa bila ada penambangan yang tanpa izin harus berhenti sifatnya Kamtibmas.

“Tapi apabila waktu yang kami berikan selama satu minggu hingga dua minggu masih saja beroprasi, secara tegas kami akan melakukan tindakan upaya hokum yang berlaku,”pungkas Mariba. (Injil/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.