oleh

Sosialisasi Pabrik Sawit ” Indah Subur Sawit” Akan Dibangun di Mempawah Hulu-Landak

Para tokoh masyarakat mempawah hulu mengikuti acara sosialisasi PT Indah subur sawit

Beritatrends, Landak – Bertempat di aula Kantor Camat Mempawah Hulu, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, rencana berdirinya pabrik Indah Subur Sawit di sambut baik oleh masyarakat, serta pemerintah Kabupaten Landak, Selasa (09 februari 2021)

Koramil setempat yang di wakili oleh Sertu Rudi mengatakan, menyambut baik dengan akan berdirinya pabrik sawit, hanya saja kami memohon kepada managemen, utamakan rekrutmen tenaga keamanan dari putra daerah setempat, dan keamanan harus selalu di utamakan.

“Penanganan konflik sosial sedapat mungkin diselesaikan secara kekeluargaan dan kearifan lokal kecuali menemui jalan buntu seperti kasus kriminal berat, dan selama ini diyakini keamanan dan ketertiban sangat stabil, apalagi infestasi merupakan dambaan masyarakat Mempawah Hulu, asalkan saling menguntungkan,”ucap Rudi.

Kapolsek Mempawah Hulu yang di wakili oleh Bripka Riswantoro, mengatakan rencana pabrik ini berdiri, dapat menyerap tenaga kerja, apalagi di saat larangan terhadap pertambangan ilegal, perambahan dan dugaan perusakan alam serta solusi di saat cCvid 19 melanda dunia.

“Ini solusi tepat, hanya saja nanti tolong diakomodirlah keluhan dampak lingkungan akibat dari beroperasinya pabrik sawit, kami dari fihak keamanan meminta agar nanti penyelesaian konflik dilingkungan masyarakat seyogyanya kita selesaikan dulu di tingkat mediasi dulu, namun kami tidak akan pilih bulu dalam penegakan hukum,”jelasnya.

Camat Mempawah Hulu Pricilla Angela, S.STP, M.A.P mengatakan, adanya inpestor yang masuk diwilayah kita sangat baik, tidak mudah membawa infestor masuk, banyak tahapan dan instrumen yang dijadikan acuan.

“Terimakasih kepada infestor, ini momen tepat, untuk pemulihan geliat ekonomi masyarakat, dan beruntung kita di lirik saat ini sebagai tempat berdirinya pabrik pengolahan media berbahan baku tanaman sawit, kita yang kedua di Landak setelah Desa Engkadu, Pemerintah sangat mengharap dan mendukung infestasi , tanpa infestasi pemerintah tidak akan maksimal membangun tanpa bermitra dengan swasta,”ucap Camat Mempawah Hulu.

Suali selaku ketua team sosialisasi yang di percayakan untuk memaparkan program rencana Pendirian Pabrik CPO dan produk turunan ampasnya ( jaesi) dengan kapasitas 60 ton per jam mengatakan, tujuan utama infestasi adalah untuk menyerap tenaga kerja dari sekitar wilayah setempat, meningkatkan daya saing produc, menyerap harga signifikan yang pastinya selisih harga di atas rata rata dibanding membawa ke daerah lain.

“Meningkatkan perekonomian masyarakat dan nasional, mendukung produk minyak sawit Nasional serta produk turunannya, menyerap tenaga kerja sesuai keahlian dan skilnya masing- masing,”ujarnya.

Intinya hari ini kita sampaikan kesemua pihak agar menjadi paham bahwa akan segera berdiri pabrik sawit di Desa Garu Dusun Bakung.

“Mohon kita saling mendukung agar terjadilah imbal balik, saling menguntungkan, dan mohon kita saling mengisi, dan saling berkomunikasi, mekanismenya nanti dalam melayani buah yang masuk di pabrik bisa melalui wadah Cv dan wadah koperasi dan atau sejenisnya yang nanti akan dikomunikasikan lebih lanjut,”ucapnya.

Yohanes selaku tokoh masyarakat berharap dengan kehadiran pabrik ini nanti tidak terlalu berdampak negatif terhadap pertanian pangan lainnya, yaitu dampak limbah terhadap tata air dan air kosumsi masyarakat. “Mohon di pikirkan solusinya nantinya,”kata Uohanes.

Ditambahkan Emeldanus mengatakan, saat nanti sudah beroperasi mohon perhatikan kesehatan masyarakat. “Limbah pabrik, air minum masyarakat, serta harapan masyarakat jangan sampai perusahaan take over ke management perusahaan lain,”pungkasnya.(Dominikus Tolek)

 

News Feed