oleh

Rakor Pencegahan dan Penanggulangan Pertambangan Tanpa Izin di Bengkayang

Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pencegahan dan penanggulangan pertambangan tanpa izin, Selasa (9/2/2021)

Beritatrends, Bengkayang – Kepolisian Resort Bangkayang menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pencegahan dan penanggulangan pertambangan tanpa izin, Selasa (9/2/2021)

Mengingat kompleksnya pengelolaan lingkungan hidup dan permasalahan usaha pertambangan yang semarak di lakukan oleh pelaku usaha pertambangan emas tanpa izin,   berdampak pada kerusakan sumber daya alam dan sumber daya mineral dikawasan Kabupaten Bengkayang, hal ini lebih membawa kerugian dibandingkan dengan manfaat bagi masyarakat sekitar wilayah daerah.

Sehingga dengan adanya Peraturan Perundang‐undangan Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan hidup, Pemerintah Daerah dapat melaksanakan Kewenangan serta Kebijakan untuk penanggulangan dan pencegahan akibat penambangan emas tanpa izin dengan prinsip pembangunan berkelanjutan.

Upaya hukum yang ditempuh untuk menyelesaikan permasalahan pengelolaan serta penegakan hukum dan penerapan sanksi secara tegas di sektor pertambangan emas tanpa izin dengan melaksanakan koordinasi pencegahan dan penanggulangan akibat penambangan emas tanpa izin di perlukan pada tingkat pusat dan tingkat daerah.

Perwakilan  Dewan Adat Dayak Fabianus Oel mengatakan, untuk pencegahan dan penanggulangan pertambangan tanpa izin, pihaknya berharap kepada penegak hokum pemerintah agar mencarikan solusinya, kalau bisa izin dipermudah, kalau tak bisa harus mencarikan lapangan kerja buat mereka karena masyarakat harus bisa makan.

Ditempat yang sama Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkayang Obaja yang mewakili Pj Bupati Bengkayang mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik adanya gagasan yang dilakukan dari Kepolisian Bengkayang, namun kalau ini dilakukan secara tegas kita harus menyiapkan pormula pengganti mereka mendapatkan pekerjaan karena menambang emas sudah menjadi tradisi sejak jaman nenek moyang makanya Bengkayang dikatakan Bumi Emas.

Ditambahkan Wakil Ketua DPRD Bengkayang Esidorus mengatakan, gagasan ini adalah langkah untuk menertibkan para penambang emas tanpa izin namun bagaimana caranya mencarikan solusi, walaupun kami termasuk pembuat perda akan tetapi tetap mendahulukan kepentingan orang banyak artinya acara seperti ini agar sering dilakukan supaya masyarakat paham apa yang dia lakukan saan sekarang.

Kapolres Bengkayang AKBP NB .Darma .SIK MH mengatakan maksud tujuan diadakan rapat ini untuk mengurangi hasil dampak pertambangan tanpa izin, Pihak penegak hokum tidak bisa bekerja sendiri oleh karenanya pada hari ini kita kumpulkan untuk memecahkan persoalan yang tak kunjung selesai.

Dari pertemuan ini membuahkan hasil ada empat kesepakatan untuk mencarikan jalan keluar bagi para penambang liar. (injil)

News Feed