oleh

Magetan Komitmen Satu Data Indonesia

 

Penandatanganan antara Kepala BPS Magetan Ribut Hadi Chandra dan Kepala Dinas Kominfo Magetan Drs.Iswahyudi Yulianto.

Beritattends, Magetan – Data dan informasi yang akurat sangat penting dalam proses pembangunan. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan berkomitmen untuk Iplementasi Satu Data Indonesia (SDI) dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Magetan.

Agar implementasi satu data Indonesia segera terwujud, penandatanganan komitmen implementasi satu data dilaksanakan, Rabu (3/2/2021) di Kantor BPS Magetan.

Penandatanganan dilakukan antara Kepala BPS Magetan Ribut Hadi Chandra dan Kepala Dinas Komunikasi Informatika (Kominfo) Magetan Drs.Iswahyudi Yulianto sebagai Wali data Magetan.

“Program Satu Data Indonesia merupakan kebijakan yang diarahkan untuk meningkatkan kualitas dan pengelolaan data yang ada di berbagai instansi secara integrasi,” kata Kepala Dinas Kominfo Magetan, Drs.Iswahyudi Yulianto.

“Hal tersebut juga sebagai upaya membangun sistem satu data indonesia yang berbasis data statistik,” sambungnya.

Ia beharap dengan program SDI ini dapat mempercepat proses penyediaan data yang akurat dan lebih update secara sistematis, sehingga akan memudahkan dalam pemanfaat untuk pengambil kebijakan secara akurat.”Sehingga seluruh layanan yang ada di lingkup Pemkab Magetan akan semakin terintegrasi,” jelas Yuli sapaan akrab Drs.Iswahyudi Yulianto.

“Maka itu dibutuhkan pengelolaan yang tepat, serta dibutuhkan SDM yang mampu menguasai teknologi untuk mewujudkan satu data indonesia,” pungkas Yuli.

Seperti harapan Gubernur Jatim melalui program satu data indonesia akan menjadikan sistem lebih terintegrasi, dan merupakan kekayaan intelektual yang harus didukung oleh semua pihak serta peran Dinas Kominfo sebagai wali data.

Pengimplementasian program Satu Data Indonesia ini merupakan Perpres RI yang di canangkan oleh Presiden Jokowi melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. (efa/WW)

News Feed