oleh

Sebanyak 50 Orang Pendonor Plasma Konvalesen Ikut Screening di Mapolres Mojokerto

Kasat Lantas Polres Mojokerto AKP Randy Asdar ikut screening plasma Konvalesen di Posko halaman Mapolres Mojokerto(ft:susilo/beritatrends)

Beritatrends, Mojokerto – Polres Mojokerto menggelar donor Plasma Konvalesen yang diikuti TNI/Polri dan warga sipil dari Dinas kesehatan dan instansi Pemerintah melakukan donor plasma konvalesen yang berlangsung di di lapangan Mapolresta Mojokerto,Kamis(21/1/2021)

Sebelum dilaksanakan kegiatan donor plasma konvalesen, Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander memimpin apel bersama TNI/Polri ,Dinas Kesehatan dan Instansi Pemerintah Kabupaten Mojokerto.

Dony mengatakan, donor Plasma Konvalesen hari pertama dilaksankan Screening, sebanyak 50 pendonor berasal dari anggota Polres, Kodim 0815, ASN Pemkab Mojokerto.

“Donor darah Konvalesen ini bekerja sama dengan pihak PMI Sidoarjo.Mari bersama-sama kita tingkatkan persaudaraan, keguyuban, dan kegotong-royongan untuk membantu sesama,”kata Dony.

Menurut Kapolres Mojokerto,Hasil secreaning Plasma darah konvalesen ini selanjutnya akan dibawah ke PMI di Sidoarjo untuk diuji Lab dulu, kemudian diberikan kepada pasien Covid. Dony menyampaikan, plasma darah yang terkumpul hanya akan diberikan kepada pasien yang benar-benar membutuhkan atau terpapar covid berat.

“Kami tidak berhenti pada hari ini saja. Ini akan berkelanjutan. Kami akan dirikan posko bekerja sama dengan PMI,” terangnya.

Kapolres juga meminta kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Sebab, menurutnya vaksin terbaik adalah tetap menjaga disiplin prokes dalam rangka memutus penyebaran Covid-19 khususnya di Mojokerto.

Lebih lanjut Kapolres menuturkan, plasma darah konvalesen ini terbukti berhasil menyembuhkan penderita Covid-19.

Kendati demikian, plasma darah konvalesen yang didonorkan tidak serta merta bisa langsung digunakan kepada pasien Covid-19. Perlu ada screening yang dilakukan untuk memastikan plasma tersebut aman atau tidaknya.

“Kegiatan donor plasma darah ini bukan untuk anggota TNI/Polri saja masyarakat juga bisa,”pungkas Dony

Kapolres nenambahkan,nantinya informasi donor plasma darah di sebarkan kemasyarakat, bekerja sama dengan pemerintah daerah baik tingkat kabupaten maupun di tingkat kecamatan agar di data masyarakat yang perna terkonfirmasi covid-19,dan yang sudah sembuh bisa mendonorkan plasma darahnya.(sus)

News Feed