oleh

Desa Tegalarum Magetan Mendapatkan Hibah Prasarana Polindes dan Alkes Dari Jepang

Peresmian Sekaligus Serah Terima Sarana Prasarana Polindes dari Konsul Konsulat Jendral Jepang.

Beritatrends, Magetan – Peresmian Sekaligus Serah Terima Sarana Prasarana Polindes dan alat kesehatan (Alkes) Desa Tegalarum Kecamatan Bendo Bantuan Hibah dari Pemerintah Jepang Kepada Pemerintah Kabupaten Magetan, dilaksanakan di Ruang Jamuan Pendopo Surya Graha, Jalan Basuki Rahmad Selatan Kabupaten Magetan, Rabu tanggal 20 Januari 2021.

Adapun Alkes yang di serahkan adalah Pengukur Panjang Bayi (onemed plastik), Inkubator Digital (YP-100 GEA), Sterilisator (corona 2 pintu), Doppler (Bistos BT-250), Tensimeter (Classic III stethoscope & T. clock ABN), Ranjang Pasien (acare 2 engkol + matras).

Ranjang Periksa (stainless steel), Ranjang Ginekolog (stainless steel), Lampu Sorot (LED), Mini lemari pasien (plat besi), Lemari Obat (plat besi) 12 Meja resusitasi bayi (plat besi), Cart untuk peralatan operasi (stainless steel 3 rak), Partus set.

Selanjutnya, Timbangan bayi (GEA), 16 Timbangan Ibu Hamil (dengan tinggi badan),Tabung oksigen (m3 lengkap regulator GEA), Kursi roda (racing), Kursi ruang tunggu (4 tempat duduk), Kursi dan meja ruang periksa, 1 meja 2 biro dan 3 unit kursi susun.

Ketua Lembaga Jalin Nusa/Perwakilan dari Konsul Konsulat Jendral Jepang , Suut Bawasir mengatakan, acara penyerahan bantuan hibah dari konsultan Jepang ini rencana dilaksanakan pada bulan April Tahun 2020 namun karena pandemi covid baru kita laksanakan hari ini, permohonan maaf dari Konsultan Jepang tidak bisa hadir.

Proses hibah berupa bangunan polindes butuh proses yang lama, jadi kami harus berkoordinasi dengan pemerintah terkait, semoga bantuan hibah tersebut dapat bermanfaat bagi kita bersama.

“Kepada bidan Desa Tegalarum Kec. Bendo Kab. Magetan dengan adanya bangunan polindes baru dapat memberikan pelayanan yang baik kepada ibu dan anak di Desa Tegalarum Kec. Bendo Kab. Magetan,”jelasnya.

Jadikan bantuan hibah berupa bangunan polindes ini sebagai motifasi yang baik dalam melayani masyarakat.

“Semoga bangunan tersebut dapat memberikan pelayanan yang baik tanpa memikirkan berbagai kekurangan fasilitas, dan semoga sarana dan prasarana tersebut dapat membantu penanganan dan pelayanan masyarakat sehingga visi dan misi pemerintah Kab. Magetan dapat terwujud,” ujarnya.

Sukatno Kepala Desa Tegalarum mengatakan, ucapan terima kasih kepada pemerintah Magetan dan Konsul Konsulat Jendral Jepang yang telah sudi memberikan hibah bangunan polindes.

“Semoga bangunan polindes berguna bagi masyarakat Desa Tegalarum dapat memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat,”ucap Sukatno.

Mister Masaki Tani, Konsul Konsulat Jendral Jepang di Surabaya secara Daring mengatakan, pembangunan polindes dari Konsul Konsulat Jendral Jepang untuk membantu pelayanan di Desa yang ada di wilayah Magetan agar masayarakat mendapatkan pelayanan yang baik.

“Semoga Bangunan Polindes tersebut dapat membangun kesejahteraan masyarakat Magetan dan dapat di terima dengan baik di masyarakat dan dirawat dengan baik sehingga dapat berfungsi dengan jangka yang panjang ,”terangnya.

Bupati Magetan Dr. Drs Suprawoto, SH. MSi mengatakan, ucapan Terima kasih kepada Konsul Konsulat Jendral Jepang yang ada di Surabaya karena telah membantu sarana prasarana Polindes Desa Tegalarum Kec. Bendo Kab. Magetan.

Hibah sarana dan prasarana ini dihibahkan  karena adanya kebutuhan demi kesehatan ibu dan anak di Desa Tegalarum.

Pemerintah sangat mengapresiasi atas usaha Kades Tegalarum atas di bangunnya polindes hibah dari Konsulat Jendral Jepang yang ada di Surabaya dan mengingat dengan anggaran pembangunan pemerintah Kab. Magetan.

“Perlu di ketahui dengan Polindes permasalahan – permasalahan kesehatan ibu dan anak di desa – desa dapat di layani dengan baik,”ujar  Bupati Suprawoto.

Lanjut Bupati Magetan, terima kasih atas kepedulian Konsulat Jendral Jepang yang ada di Surabaya yang telah peduli akan keberadaan fasilitas fisik dalam menunjang kesehatan masyarakat Magetan.

Manfaatkan dengan baik polindes tersebut semoga bangunan tersebut menjadi monumen hubungan baik antar 2 negara dan jadikan bantuan tersebut sebagai pintu masuk bagi bantuan lain yang akan datang ke Magetan.

“semoga  program ini bisa berlanjut di daerah lainya di wilayah Kab. Magetan sehingga kesejahteraan masyarakat Magetan di bidang kesehatan dapat tercapai dengan baik,” pungkas Bupati Suprawoto. (Hari)