oleh

Keterlambatan Pembangunan SDN 19 Melabo Karena Pengiriman Material Terlambat, Akhir Januari 2021 Kepala Sekolah Janji Semua Rampung

kondisi bangunan yang belum kelar bukan berarti tidak dikerjakan tapi kondisi lokasi yang sangat parah

Beritatrends, Bengkayang – Cukup Viral di media Sosial terkait pembanguna Sekolah Dasar 19 Melabo yang seolah-oleh pihak pelaksana tidak bertanggung jawab atas proyek tersebut, Selasa (19/1/2021)

Padahal Sekolah dan masyarakat keduanya tidak bisa dipisahkan. Keadaaan sebuah sekolah tidak bisa dipisahkan dari perkembangan masyarakatnya, karena ia membentuk dan dibentuk oleh masyarakat sekitarnya.

Dari banyak pengalaman, peranan sekolah dalam memajukan masyarakat akan sangat ditentukan oleh hubungan-hubungan yang demokratis di antara unsur-unsur pengelolanya, yaitu kepala sekolah, guru, siswa, dan orangtua murid.

Dan Proses Pembangunan Rehabilitasi Bangunan Sekolah SDN 19 Melabo Kec. Bengkayang Wilayah VI dengan Nilai Rp. 440.000.000,- , Pembangunan Rumah Dinas Guru SDN 19 Melabo Kec. Bengkayang Senilai Rp. 271.090.900 dan Pembangunan Ruang Kelas Baru SDN 19 Melabo, sebesar Rp. 426.462.000,- ketiganya di biayai DAK Reguler SD TA. 2020 dan dikerjakan secara swakelola. Pembangunan berjalan, meski ada kendala keterlambatan material bangunan.

Pembangunan ketiganya itu diharapkan dapat diselesaikan sesuai target, yakni pada akhir tahun 2020. Berhubung Kondisi Cuaca dan alam yang tidak bersahabat akhirnya proyek tersebut mundur hingga di targetkan akhir Januari 2021 kelar.

Kepala Sekolah SD 19 Melabo Bengkayang Jimi Kristiawan S.Sos. S.Pd mengatakan mengakui saat ini masih ada keterlambatan dalam mengerjakan ke tiga proyek tersebut sebab kedatangan material pembangunan. Untuk itu, pihaknya saat ini tengah menentukan strategi dan metode untuk mengejar ketertinggalan waktu yang terbuang.

“Sebagai Kepala Sekolah SD 19 Melabo, akan bertanggung jawab atas proyek tersebut hingga akhir Januari 2021, dan mohon kepada Pemerintah Kabupaten Bengkayang kedepanya bisa memperhatikan Melabo terutama akses jalan yang memadai, karena Melabo terletak di Kecamatan Bengkayang kota.

Ditambahkan Sudianto, M.Pd mengatakan, memang ada keterlambatan. Saat ini pembangunan namun selaku PPTK untuk pembayaran kami lakukan sesuai progres.

Jadi kami sudah rapatkan terkait keterlambatan tersebut dan pihak Sekolah siap menyelesaikan pada akhir Januari 2021 dan sudah menandatangani perjanjian dan apabila tidak selesai akan terima sangsi yang diberikan sesuai aturan.

Ditempat yang berbeda Kepala Bidang Pembina SD Sawang Renesine, S,Th M.Pd mengatakan, hari ini banyak yang menghubingi saya terkait pembangunan SD 19 Melabo karena pengerjaannya terlambat, sebenarnya ada tiga wilayah kasus yang sama juga terlambat dalam penyelesaiannya terhalang karena pengiriman material.

Hal tersebut bukan karena unsur kesengajaan namun karena cuaca yang menghambat pengiriman material ke lokasi, dan pengiriman material harus dilansir beberapa kali sehingga harga menjadi 3 kali lipat nilainya dibandingkan harga normal. (lilik Abdi Kusuma)

News Feed