oleh

Anak Muda di Kubu Raya Membudidayakan Vanili Borneo

Saat Launcing Budidaya Vanili Borneo

Beritatrends, Pontianak – Prospek pengembangan tanaman Vanili saat ini di Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat sangat menjanjikan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, pasalnya tanaman bernama latin Vanilla Planifolia ini tumbuh subur di Dusun Banyuates, Rt 02 Rw 02, Desa Pasak Piang, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya seluas 8 hektar yang dikelola secara langsung oleh Bung Sidehri selaku Ketua pembudidayaan Vanili Borneo, dan markasnya terletak di Desa Parit Masegi Jalan Trans Kalimantan.

Bung Sidehri mengatakan, tanaman Vanilli ini di pasaran dunia sangat luar biasa. Kebutuhan dan permintaan dari berbagai pihak yang menginginkan tanaman ini sangat tinggi, skalanya sudah Internasional, Sabtu (16/1/2021)

” Vanilli disebut juga sebagai emas hijau, potensi serta pembudidayaan hingga produksinya sangat menjanjikan bagi masyarakat dan petani disini,” ucap Bung Sidehri.

Indonesia merupakan pusat pengelolaan Vanilli ada di Klaten. Dari Klaten lalu di ekspor keluar negeri. Tidak hanya sekadar produksi dan ekspor saja, negara-negara luar melalui kantor akuntan publiknya melakukan audit terhadap penerimaan tanaman Vanilli di setiap negara.

” Mutu dan sistem pengelolaannya ( dari kebun sampai tempat produksi) diawasi secara ketat oleh akuntan publik,”jelasnya.

Standar dan mutu tanaman Vanilli di Indonesia mengikuti standar Internasional, di Kabupaten Kubu Raya juga mengikuti standar yang telah ditetapkan. “Sistem pengelolaannya hampir sama dengan yang ada di Klaten,”pungkasnya. (Fahri)

News Feed