oleh

Bupati Magetan Sampaikan Capaian Kinerja Pemkab 2020 dan Program 2021

Jumpa Pers Awal Tahun 2021 Bupati Magetan, Senin (4/1/2021) 

Beritatrends, Magetan – Bupati Magetan Dr. Drs. H. Suprawoto. SH. MSi menyampaikan pencapaian pembangunan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan dan rencana program unggulan tahun 2021 Kabupaten Magetan, Senin (4/1/2021) saat jumpa pers di Pendopo Surya Graha Magetan.

Bupati Suprawoto menyampaikan sejumlah hal terkait capaian pembangunan kabupaten Magetan di tahun 2020, di antaranya pengendalian dan penanganan Covid-19 melalui program 3T (Testing, tracing, treatment), revitalisasi Pasar Baru dan Mal Pelayanan Publik, revitalisasi perpustakaan Magetan, revitalisasi alun-alun dan stadion Magetan.

“Pemkab juga telah melakukan revitalisasi jalan kabupaten dan jalur pedestrian, seperti peningkatan jalan, rehabilitasi serta pemeliharaan jalan berkala,” jelas Bupati Suprawoto.

Untuk tempat wisata, terlihat dengan pencapaian Kebun Bunga Refugia dan Kampung susu Singolangu yang menjadi pilihan objek wisata baru di Magetan.

Pada Wisata Sarangan juga telah dilakukan penataan dengan dibangunya Kios Cinderamata, Kios Kuliner, Pergola, Gazebo dan peningkatan fasilitas umum lainya.

Pemkab juga mengelar pagelaran seni budaya secara virtual, agar pelaku seni di Magetan tetap eksis walaupun sepi job karena masa pandemi.

Selain itu, perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan di Magetan dilakukan dengan program bunda kasih (200 lansia pada tahun 2020).

Pembangunan rumah tidak layak huni sebanyak 82 unit. Dan bantuan sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19.

Program Zonasi buah melalui distribusi bibit 47.750 batang di 14 kecamatan ( pamelo,
pisang lengkeng, jambu kristal, alpukat, jambu air, dan durian).

Pembangunan Infrastruktur Pertanian, Pemenuhan Sarpras Pertanian Jaringan Irigasi Tersier (74 titik), Jalan Usaha
Tani (70 titik), Alat mesin pertanian 59 unit berupa hand traktor, traktor capung dan
cultivator, serta Penyediaan bibit unggul, pupuk, pemberantasan hama dan Pembangunan Embung Pertanian di Poncol.

Pembangunan Infrastruktur Pedesaan melalui BKK Desa berupa jalan, saluran, irigasi,
pasar, dll.

Pengelolaan Lingkungan yang sustainable Penataan Hutan Kota (Lokasi : Jelok).

Pembangunan TPS3R di 3 wilayah (Takeran, Kawedanan dan Kec. Parang).

Pembangunan Bank Sampah Induk dan Rumah Kompos
Pengadaan sarpras persampahan (container, truck armroll, roda tiga, mesin pencaçah, pengayak, composter, dust bin, tempat sampah dan peralatan
kebersihan).

Pada kesempatan tersebut Bupati Suprawoto juga menyampaikan beberapa program unggulan kabupaten Magetan pada tahun 2021.

Akan dibanggun Gedung Literasi di dekat Kebun Refugia Plaosan, untuk mendukung Magetan sebagai Kota Wisata
dan Pusat Literasi.

Revitalisasi Jalan Kabupaten dan jalur Pedestrian jalan menuju kawasan wisata dianggarkan Rp 3,1M untuk 3 lokasi (Genilangit-Wonomulyo,
Sumberagung-Plangkrongan, Temboro-Taji).

Lanjutan Jalan twin road dianggarkan Rp 900 Juta. DED interchange TOL Rp 100 Juta, Rekonstruksi jalan (Carat-Ngariboyo, Genengan-Lembeyan)
jalan perbatasan (Turus-Jurug, Panekan-Jabung, Karangmojo-Sukowidi). Rehabilitasi jembatan ki Mageti sebesar Rp 1 M, Peningkataan drainase JI. A. Yani Rp 400 Juta.

Rehabilitasi dan Pembangunan Embung, antara lain
Embung rRinginagung (lanjutan) Rp 2 M, Rehabilitasi Embung Rp 1,4 M (Embung Jarakan dan nglopang).

Pembangunan Sumur air dalam JI Jejeruk dan JI bringin Rp 1,3 M, Rehabilitasi saluran irigasi Rp 2 M yang terswbar tersebar di 12 lokasi.

Akan dibangun rumah sakit tipe D pada 2021. Pembangunan Depo arsip dan ruang baca arsip (Rp 2,8M), Lembaga Pelatihan Kerja di Karangrejo.

Kerjasama Pemkab Magetan dengan Perguruan Tinggi Unesa progress penyusunan RK, nota kesepakatan. Yang di targetkan pembangunan kampus akan dimulai tahun 2021.

Selain itu pemkab juga melakukan kerjasama dengan kampus UNS untuk program vokasi, pada 2021 akan dilakukan progres penyusunan RK, nota
kesepakatan.

Pengelolaan Lingkungan pemkab akan melakukan Penataan Hutan Kota (Lokasi Jelok dan srogo Pembangunan TP$3R di 4 wilayah (Kec. Karangrejo, Kel. Tawanganom,
Kec.Bendo dan Lembeyan).

Pembangunan IPAL Singolangu, Pembangunan laboratorium lingkungan DLH dan pengembangan E-Govemment dan Smart City. (Efa/wawa)

Komentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed