oleh

Catatan Akhir Tahun 2020 di Kalbar

Dominikus Tolek Korwil Beritatrends Kalbar

Betitatrends, Kalbar – Sepanjang Tahun 2020, dunia di sibukkan dengan berbagai persoalan, yang paling menonjol Covid-19, yang buming sejak Frebuari 2020, sontak meluluhlantakan sendi perekonomian, di masa awal penerapan pembatasan sosial serta penerapan protokol kesehatan masyarakat masih acuh dan gundah gulana.

Di sisi lain itu kewajiban, berbagai terobosan serta program penyelamatan perekonomian digelontorkan agar rakyat terdampak bisa bertahan hidup, di antaranya Penambahan kuota KPM PKH, BPNT, BLT Dana Desa, bantuan sembako pihak ke 3, dan akhir akhir ini ada lagi program Bantuan stimulus UMKM.

Di dunia pendidikanpun tak terkecuali terdampak Covid-19, sekolah harus memberlakukan pembelajaran Ruling dan daring, yang masing – masing ada konsekwensi.

Dari sederet peristiwa tersebut yang paling membuat publik terperangah adalah kita dihadapkan dengan dua masalah paling besar, yaitu ancaman Kesehatan dan Ancaman Ekonomi, namun pemerintah tidak kalah, semua bisa terkendalikan, sampai di penghujung tahun 2020 pemerintah dihadapkan lagi oleh kekhawatiran evoria perayaan Natal 2020 dan Perayaan Tahun baru 2021.

Lagi -lagi Pemerintah mengeluarkan edaran larangan membuat stand untuk perayaan, larangan minum minuman keras, larangan menghidupkan petasan , larangan beroperasinya Cafe diatas pukul 21. 00 WIB, dilarangnya kerumunan dandi larang pawai kendaraan.

Namun sifatnya himbawauan larangan, hanya pentas dan stand yang bisa di patuhi untuk tidak dibuat, sementara penyalaan petasan tetap saja di lakukan oleh masyarakat, apa yang salah dan siapa yang harus berubah, karena kita belum menemukan formula yang pas dan masyarakat sudah faham apa itu himbawan dan apa itu larangan dan perintah.

Inilah enaknya tinggal di Negara demokrasi dan negara toleransi, apapun peristiwa yang terjadi dan kita alami di Tahun 2020, kita ambil hikmahnya.

Intinya kita bersyukur diberi umur panjang, selamat menyongsong 2021 agar lebih baik dari tahun yang lalu, semoga Tuhan memberkati. ( Dominikus Tolek/ Opini Kru Beritatrends Kalbar)

News Feed