oleh

Pemilukada di Kecamatan Teriak – Bengkayang Benar-Benar Luber

Irsius petugas Panitia Pemungutan Suara Tingkat kecamatan saat diwawancarai awak media Beritatrends

Beritatrends, Bengkayang – Sekaruh, Kecamatan Teriak, Kabupaten Bengkayang,  awak media Beritatrends memantau proses pencoblosan, Rabu (09/12/2020)

Salah seorang petugas Panitia Pemungutan Suara Tingkat kecamatan, Irsius mengatakan, bahwa hari ini pemilu yang di laksanakan disaat pandemi Covid-19, dengan memberlakukan protokol kesehatan lengkap sesuai PKPU, ternyata luar biasa antusias warga, dan memang sesuai aturan.

“Datang tidak bergerombol, dan yang paling dibangakan, masyarakat tidak lagi memaksakan diri untuk mewakilkan pencoblosan terhadap kelurga atau kerabat, teman dan siapapun dia, benar – benar sportif,”ucapnya.

Kita sudah sosialisasikan sejak jauh hari, dan hasil C1 di potret dan di kirim ke sistem on line, artinya tidak ada ruang untuk melakukan pelangaran oleh oknum penyelengara, maupun masyarakat.

“Mempertegas, pemilu kali ini tak ada rekapitulasi di tingkat TPS, kita hanya setelah hitung di TPS, berapa hasil di C1 , Itu yang di On line kan ke sistem yang sudah terkoneksi di KPU Kabupaten. Jadi peluang kecurangan itu dan kesalahan, sangat minim, pokoknya luber lah,”terangnya.

Hal senada di benarkan oleh Palosdi, selaku Panwas mengatakan, bahwa tingkat partisifasi masyarakat sangat tinggi, sportif, kita sampaikan aturan sesuai PKPU.

Berkesesuaian dengan yang di sampaikan Anes salah satu pemilih mengatakan bahwa tidak ada kesulitan menyesuaikan pencoblosan di masa pandemi ini.

“Kita sudah di sosialisaikan sejak jauh hari dan melihat di Televisi, jadi tak ada kendalanya,”kata Anes,

Masalah keamanan pun terjamin kata Ipda Eko Widiatmo, petugas Polsek Teriak yang lagi memantau jalannya pencoblosan.

“Pihaknya berharap kedepan makin bagus pemahaman masyarakat tentang pemilu, utamakan keamanan, siapapun yang terpilih itu lah pemimpin rakyat,”kata Eko.

Kita minta pembangunan merata di bidang infrastruktur dasar. “Utamanya jalan dan telekomunikasi,”kata warga Serempak,(dDominikus Tolek)

News Feed